AZAS AZAS MANAJEMEN

| | Comments: (0)

iki sing jenenge F.W taylor(kiri)karo elton mayo(kanan)=bapak manajemen dunia..!!!


manajemen
artikel ini didedikasikan buat maz gilang gumilang yang paling tampan se administrasi bisnis UNDIP


pengertian
>>definisi manajement yang sring dipakai:
"manajemen is getting things done trough other people"
manajemen adalah mendapatkan ssuatu melalui kerja orang lain.
ditambah "apabila ia memilki rasa tanggung jawab untuk melaksanakanya sebagai sorang pemimoin

alasan mengapa manajemen dibutuhkan
1.untuk mencapai tujuan
2.untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan tujuan yang saling bertentangan
3.untuk mencapai efisiensi

menurut peter drucker
-efektivitas : melakukan pekerjaan yang benar
-effisiensi: melakukan pekerjaan denngan benar


manajemen adalah sesuatu yang ilmiah yang pendekatanya bersifat intyerdisipliner (teori2 dan teknik berbagai ilmu pengetahuan harus di gunakan dalam manajemen

contoh
-pengalaman
->mencegah manajer untuk tidak perlu melakukan trial n error didalam merealisasikan keputusanya
2pengetahuan psikologi
untuk menyeleksi orang2 untuk mengisi posisi dibawahanya
membantu dalam fase pembimbingan pekerjaan
3 sosiologi
hubungan dalam kelompok
4matematika
perencanaan pengawasan


definisi manajemen
1.marry poker follet
>>manajemen sebagai seni dalam menyeklesaikan pekerjaan melalui kerja orang lain
2.james A.F stoner
>>manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian ,pengarahan ,dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi lainya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan
3.drs malayu SP hasibuan
>>manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber2 lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu


fungsi2 manajemen
1.perencanaan
-menetapkan tujuan standar
-penentuan aturan prosedur pembuatan rencana
-peramalan apa yang terjadi.
2.pengorgansasian
-pemberian tugas terpisah
-membentuk bagian2
-menetapakan jalur wewenang dan komunikasi
-mendlgasikan wewenang kebawahan
-mengkoordinasikan kerja bawahan
3. pengadaan staff
-penentuan jenis organisasi yang tepat
-menarik calon karaywan
-memilih karyawan
-menentukan standar kerja
-menilai hasil kerja
-melatih dan mengembangkan
4.pengarahan
-memberi pengarahan dari hari ke hari
-menlong memperbIKI KETRAMPILAN
5.pengawasan
-persiapan standar
- melakukan monitoring
-elakukan evaluasi
melakukan tindakan koreksi

6.pembaharuan *( inovasi)
-mengemukakan ide2 baru
-mengkombinasikan ide2 lama dan baru
-mengambil ide dari lapangan orang lain
- bertindak sebagai katalisastor dan stimulator
7.perwakilan (representasi)
-mewakili organisasinya dalam hubunganya dengan kelompok luar,pegawai pemerintah ,serikat kerja,lembaga2 lainya,dll


>>sejarah dan permulaan pengembangan manajemen ilmiah<<
1.praktek manajemen telah da sejak jaman kuno.
contoh:
-raja sulaiman membangun kenisah yahwe pada abad ke 10 SM
-raja firaun -piramid mesir
-orang yunani membangun perthenon 250 th yang lalu
-terusan panama dibangun tahun 1914
-AS mendaratkan orang di bulan th 1969

persamaan unsur2:
- ada sasaran utama dan sasaranpenggati
- ada prosedur untuk pelaksanaanya
- SDMdan materi di organisasikan
- ada pengarahan kepada para pekerja
- usaha tentang waktu dan tempat di koordinasikan
- ada pengendalian
- ada manajemen otoriter berlangsung s/d abad ke 19 revolusi indusri ( beralihnya ke duyna perindustrian)

2.akhir abad ke 19 muncul bentuk baru kepemilikan yaitu perseroan terbatas

3.akhir abad ke 19 sistem kapitalisme tumbuh dengan sangat cepat


tujuan pengembangan manajemen ilmiah

para pelopor manajemen yang berkeinginsan untuk menimbulkan terjadinya "effisiensi " didalam kehidupan terutama dalam organisasi

perkembangan /permulaan manajemen ilmiah

dimulai permulaan abad 20
pelopor
1.F.W Taylor
-philadelphia USA abad 20 th 1870
-bapak manajemen ilmiah
-seorang mandor pd industri mesin keuangan ajaranya "shop manajement"
-wALAUPUN PEKERJA BEKERJA LEBIH KERAS ,TIDAK MENDAPAT KENAIKAN UPAH.

LANGKAH2 TAYLOR

menempatkan pekerja2 yang lebih pandai dan rajin utk memberi contoh kd mereka

sistem taylor
kesulitan
-berapa banyak pekerjaan yang sebenarnya dapat diharakan dari seorang pekerja
-taylor membuat suatu rangkaian studi gerak yang dilakukan daklam berbafai kegiatan dihubungkan denfgan waktu yang diperlukan untuk ekerjaan tersebut. (time and motion study)

sistem penggajian
differential piece work
-para pekerja yang mampu berproduksi tinggi akan menerima gupah yang tinggi,sedangkan yang tidak dapat memenuhi ukuran standar menerima upah yag sangat rendah.
-menimbulkan banyak kericuhan


2. Henry laurence gant

-yang memperbaioki sistem taylor
-pemberian upah dengan task n bonus plan, yaitu permulaan perlunya bonus dan insentif di bidang perindustrian
-temuan lainya yaitu gantt chart yang menggambarkan tingkat kemajuan pekerjaan dilihat dari waktu yang direncanakan

3.Frank n Lilian gilbreth
-memulai pekerjaan sebagai anak magang pada buah perusahaan batu bata
-gilberth ingin membuat cara yang cepat dalam pembuatan batu bata
-caranya : dengan memperkecil jumlah gerakan dalam posisi yang menyenagkan
sistemnya dikenal dengan nama "kerja cepat/kerja kilat
ada 17 elemen dasar dari gerak2 di dalam pekerjaan disebut -> therblig
-menemukan bagan arus pekerjaan (the flow proces chart)
-istrinya lilian gilberth ,mengkhususkan pada human relation

4. berthrand thompson

-th 1950 seorang dosen manajemen harvard university menggunakan lonceng besar dengan tanda yang membagi menit2 secara jelas sebagai dasr untuk menhitung serta mempelajari gerak dan aktu yang diperlukan dalam kegiatan pekerjaan.
EXEPTION PINCIPLE
-mengkonsentrasikan pada kasus2 yang khususnya baik dan khususnya jelek dengan tujuan perbaikan.

6.elton mayo dan aliran human relation

th 1920
-seorang guru besr harvard university
-mengadakan penelitian ->pengaruh kelelahan pada produktivitas kerja dan kemungkinan akibat adanya istirahat guna menaikan output kerja

jlanya penelitian
-percobaan di hawthrone -> pada perakitan telephon relay
-para pekerja dipecah dalam kelompok (tiap kelompok 100 orang),dan dpembayaran ekstra tgt pd kerja kelomok.
-ada 5 orang untuk percobaan
-para peneliti percaya bahwa setiap perubahan penjadwalan wkktu kerja dapat mempengaruhi hasil out put kerja


hasil penelitian

-meneliti pengaruh kondisi penerangan terhadap produktovitas (hasil naik trus) -> meskipun penerangan diganti
-meneliti perubahan kondisi ruang ,yaitu ruang diubah2 secara periodik pd salah satu ruang
-sejumlah variabel di coba misal, upah dinaikan dsb
-hasilnya sama2 meningkat meskipun ruang yang lain tidak dirubah
-uang bukanlah penyebab kenaikan produktivitas
-mayo mengkritik bahwa manajemen itu harus selalu logis sebab menurutnya pekrja2 pd umumnya dikuasai oleh emosinya,dan yang diperlukan adalah perlunya pekerja memilki sense of belonging


siapa yang benar taylor atau mayo

taylor melihat manusia dlm pekerjaanya sbg manusia ekonomi
-teori taylor lebih memeprhatikan kenaikan produktivitas para pekerja melalui perbaikan insentif yang berupa kenaikan gaji

elton mayo
-sesuai profesinya sbg seorang psikolog lebih melihat pekerja dr sudut kejiwaaanya
-mayo lebih menitk beratkan produktivitas sebagai akibat adanya rasa kebersamaan serta ras memiliki didalam kelompok dari setiap anggota kelompok kerja
-manusia mempunyai motivasi kebersamaan
-teori taylor dan mayo adalah teori yangbukanya tidak benar ,walaupun masih banyak kekuranganya namun esuai dengan kondisi waktu tersebut, pandangan ke2 tokoh tersebut perlu kita hargai,terutama sebagai rangsangan bagi ahli manajemen yang lain untuk menyempurnakan teori2 yng telah ada
-terlalu sederhana untukmenyimpulkan mana yang benar dr kedua panangan tersebut
-yang paling mungkin adalah bahwa yg dikemukakan ke2 tokoh tersebut pd prinsipny masih berdasarakan kacamata nasing masing

inti temuan mayo
-pentingnya inserntif non finansial diperhatikan oleh manajer

fikiran fayol
-manajer perlu pengetahuan tentang prinsip2 manajemen
-makin tinggi kedudukan manajer ,makin brekurang pengetahuan tekhnisnya ,sebaliknya makin bertmbah besar adm
-bagaimanaun dlm bid tertentu pengetahuan tekhnis tetap diperlukan
-fungsi manajemen menurut fayol
> to plan
> to organize
> to command
> to coordinate
> to controll

prinsip2 fayol (14 prinsip)
1.authority &responsibility
pembagian wewenang dan tanggung jawab yang berimbang antara atasan dan bawahan
2.divion of work
perlu diadakan pembagian kerja berdasarkan spesialisasi
3.dicipline
perlu adanyaketaatan padaperaturan2 yang berlaku
4,unity of command
adanya kesatuan komando
5.unity of direction
kesatuan gerak dan arah ketujuan yang sama.
6.subordination on individual interest to general interest
kepentingan bersama lebih penting daripad kepentingan pribadi/golongan
7.renumeration of personil
pemberian upah harus adil dan brimbang sesuai dengan kebutuhan,sehingga memberikan kepuasan yang maksimal
8.centalization
organisasi harus mempunyai pusat wewenang
9.bankplank
hubungan informal/formal dengan prosedur khusus
10.order ketertiban dan keteraturan dalam penempatan benda atau yang bukan benda
11.equity
rasa keadilan dan kebaikan hati pimpinan terhadap bawahan
12.stability of tenure of personil
hindari mutasi jabatan atau pertukaran pekerjaan yang terlalu sering
13.initiatius
memberikan kesempatan kepada bawahan untuk berinisiatif
14.esprit decorps/semangat corps
loyalitas kelompok harus dibina melalui sistem komunikasi yang baik,sehingga terwujud kekompakan kerja(team work)


pokok2 perbandingan manajemen taylor dan fayol
1.taylor
-shop maanjemen/operative manajemen
-producted oriented
-penganju organisasi funsional
-belum mengemukakan ajaranya

2.fayol
-top manajemen/administrasi manajemen
-human oriented
-penganjur organisasi lini
-sudah mengemukakan ajaranya


organisasi funsional

-memisahkan faktor perencanaan dan faktor pelaksanaan
-mengutamakan tentang kejuruan/spesialisasi pada tingkat pelaksana

orrganisasi lini
>> pemusatan wewenag pada berbagai tangga (kepemimpinan) organisasi sehingga,berbagai fungsiberpusat pada tangan2 pimpinan tertentu.
-memisahkan kegiatan pimpinan dan kegiatan tekhnis
-menentukan persyaratan tertentu (generalis,serba bisa,pengetahuan luas)bagi pimpinan dan spesialis da berpengetahuan kejuruan bagi pekerja tekhis.



PERENCANAAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN


Perencanaan disebut menentukan karena didalamnya memuat :
-apa yag diinginkan dan dicapai organisasi
-langkah2 apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan

perencanaan manahjemen
manajer dan funsi perencanaan

-menentukan apa yg ingin dikerjakan
-menentukan tujuan organisasinya
-alat apa yang digunakan untuk mencapai tujuan
tindaan manajer tersebut semuanya dalam ranka menjlanka funsi perencanaaan

fungsi peencanaan
-funsi terpenting
-dasar untuk menentukan fungsi2 maajemen berikutnya
-landasan pokk bagi semua fungsi manajemen lainya
-poloa dasar bagi tinakan dalam oerganisasi
-tuntunan tentang effisiesi dan effektivitas kerja

perencanaan mencakup :

a.kepuasan tentang waktu YAD
b. apa yng dilakukan
c.bilamana dilakukan
d.siapa meakukan

kegiatan perencanaan
dimaksudkan :

-utk memperoleh ssuatu dalam ewaktu YAD dengan usaha/cara yang seefisien dan seefektif mungkin untuk mencaainya
-adalah suatu keputusan tentang apa yang akan diharapkan dalam waktu YAD
perencanaan adalah suatu proses dengan 2 sifat
-pesimis: berdasarkan atas kepercyaan bahwa apa yang diinginkan tidak akan terjadi
-optimis: berdasarkan atas kepercayaan baha apa yang diingnkan akan terlaksana

G.R Terry
-perencanaan adl tindakan pemilihn fakta dan usaha.menghubungkanya berdasarkan asumsi2 yangdibuat untuk masa YAD,menggambarkan serta memformuasikan aktifitas2 yang di usulkan yan dianggap perlu untuk mencapai hasil yang diinginkan

Garth.N.John
-perencanaan adalah proses pemilihan dan proses pengembangan dari tindakan yang paling baik/menguntungkan untuk mencapai tujuan

ML.Farland
-perencanaan adalh fungsi pimpinan yang memungkinkan penggunaan pengaruh dari kewenanganya,yang dapat mengubah kegiatan dan tujuan organisasi

WH. newman
-perencanaan adalah keputusan apa yang akan dikerjakan untuk masa YAD,yaitu suatu rencana yang diproyeksikan dalam suatu tindakan









karakteristik perencanaan
a.identifikasi personal dan organizational
b.dikaitkan dengan kondisi yangrelatif
c.bersifat intelektual
d.menyangkut hal2 masa depan
e.bersifat menembus dan berkesinambungan

kelebihan :
-perencanaan mendorong kegiatan2 dilakukan teratur dan tujuanya tertentu
-pekerjaan yang tidak produktif diperkecil /dihilangkan
c.sebagai alat pengukur hasil yang dicapai standar
-landasan pkok bgi fungsi pengawasan

kelemahan
-mempunyai keterbatasan
-memerluka biaya banyak
-ada hambatan psikologis
-menyumbat/menghambat timbulnya inisiatif
-mennghambat tindaka darurat yang perlu diambil

premis adalah aumsi yang mlatarbelakangi dan mempengaruhi perencanaan
ramalan erencanaan:

-ramalan ekonomi
-ramalan teknologi
-faktor sosial
-pengawasan pm,erintah
-tindakan fiskal
-permintaan data/hasil produksi
-sikap da tingkah laku konsumen

kesulitan menggunakan premis2 perencanaan :
-premis apa yang hendak digunakan
-bagaimana mengevaluasi daya dukung/bantuan yang berkaitan dengan penggunaaan premis2 tersebut

premis berdasarka hasil analisa data,informasi dan fakta


langkah2 perencanaan
1.menjelaskan dan merumuskan masalah/usaha/tujuan yang aka direncanakan
2.mengumpulka data,informasi dan fakta yang di perlukan
3. menganalisis dan mengklsifikasi informasi serta hubungan2nya
menetapakan perencanaan premis hambatan2 srta hal2 yang mendorong
5.menentukan beberapa alternatif
6.memilih keputusan yang terbaik dari alternatif2 yang ada
7.tetapkan urutan2 dan penetapa waktu secara terperinci bagi rencana yang i usulkan
8.laksanakan pengeceka tentan kemajuan rencana yang diusulkan.

perencanaan membutuhka
-fakta(masa kini)
-data (masa lalu)
-asumsi (masa YAD)


klasifikasi perncanaan manajemen
1obyektif (sasran)

-yaitu tujuan yng diingnkan yang meukiskan sope yang jelas
-dilakukan oleh top manajer
2.policy (kebijaksanaan)
-yaitu pedoman yang memberikan bimbingan berpikir dalam menentukan keputusanmengenai sumber2 yang diperlukan

tingkat2 kebijaksanaan
-basic policy
a.M.puncak
b.membimbing
-general policy
a.M madya
b.sifat admninistratif
-departemental Policy
a.M lini pertama
b.sifat operatif

3.prosedure
-menggambarkan urutan2 yang bersifat kronologis
4.method
-prosedur merupakan serangkaian metode
-merupakan petunjuk untuk tindakan
5.standart
-suatu nilai yang dipakai sebagai dasar rujukan
6.budget
-menggambarkan penerimaan dan pengeluaran
7.program
-rencana yang sudah konkret
8.teknologi atau cara2
-rencana yang menggambrkan pemilihan berbagai faktor,misal:waktu,biaya

BASIC QUESTION OF PLANNING (5W+1H)
1.what->apa yg ingin dicapai,tindakan2 apa yang harus dilakukan
2.why->
-mengapa hal itu menjadi sasran
-mengapa tujuan itu harus dicapai
3.where->pemilihan tempat pekerejaan
4.when-> kapan akan dilakukan,jadi penetuan saat dimulai
5.who->pemilihan dan penemoatan pegawai
6.how->
-bagaimana cara mengrjakanya
-memerlukan teknis2 pengerjaan

ancangan dalam perencanaan
1.top downplanning
-rencana yang disusun pada tingkat atas KMD diserahkan pada tngkat bawah ( cabangng)
2.bottom up planning
-rencana disusu terlebih dahulu pada tingkat bawah (cabang),kemudian berdasarkan hasil itu ditetapkan apa yang akan direncanaka dipusat

jangka waktu perencanaan
1. R.janka panjang -> > 5th
2.R jangka meengah-> 2-5th
3. R jangka pendek-> 1-2th
-untk menetukan waktu rencana harus kita kaitkan dengan kondisi usaha yang direncanakan
-yang harus diperhatikan :rencana jangka pendekharus beringtegrasi dg rencana jengka menengah,emikian juga rencana jangka menengah harus ikaitkan dengan rencana jangka panjang

segi penggunaan
-single use plan
-repeated plan

planner
semua manajer melaksankan perencanaan dan menjadi perencana
-makin tinggi posisi manajer,makin luas bidang rencana yang disusunya

A.manajr melaksanaka sendiri perencanaan
kebaikan
-waktu singkat dalam meghasilka rencana
-biaya kecil
-rencana praktis da flexibel
-manajer dekat dengan problem yang bersangkutan

keburukan
-waktunya habis untuk perencanaan,sehingga fungsi yang lainya sedikitr waktunya
-rencana kurang baik karena tidak mendapatkan masukan dari bawahan
-manajemen artisipasi tidak dimanfaatkan

B.manajer melaksanakan,tetapi disesuaikan dengan usul bawahan ->rencana disusun manajer penyusunanya didasarkan atas informasi ,usul/saran dari bawaha

kebaikan:
-partisipasi bawaha dimanfaatkan
-mendorng bawahan untuk berinisiatif
-partispasi bawahan dalam pelaksanaan baik
-bawahan merasa bergairah,karena dihargai
-rencana relatif baik karena mendapat masukan bawahan

keburukan
-waktu dan biaya perencanaan relatif lama dan besar
-rahasia kurang terjamin

C.manajer mnentukan bagan, bawahan yang menyusun rencana detailnya


kebaikan
-mendorong para bawahan untuk brinisiatif
-penerimaan rencana oleh bawahan baik
-realisasi rencana lebih mudah
-memanfaatkan partisipasi,keahlian dan ketrampila bawahan
-waktu manajer untuk hala2 lain lebih banyak.

keburukan
-waktu dan biaya lebih besar
-manajer tersingkir dari fungsi planning,bisamegurangi kewibawaan
-keadaan umum perusahaan kurang dipahami

D.bawahan merencanakan dan yang memutuskan manajer

kebaikan
-meringankan tugas manajer dalam planning
-pmbinaan dan pengembangan bawahan lebih baik
-bawahan berpartisipasi penuh

keburukan
-ada resiko bahwa rencana kurang mantab dan kurang sesuai
-kesertaan manajer dan pentingnya peraan pribadinya berkurang

E. joint participation
manajer menyerahkan perencanaan secara menyeluruh kepada bawahan,dilakukan dengan cara :
-mengadakan konsultasi,emua mengambil bagian dalam perncaaan
-manajer menugaskan suatu komite dalam perencanaan
-manajer menggunakan tim2 khusus



ACTUATING

-plannig maupun organaizingtidak akan bisa bergerak atau jalan dengan baik tanpa adanyafungsi actuating
-aktuasi merupakan gerak pelaksanaan darikegiatan2 yang berupa fungsi perencanaan dan pengorganisasian

actuating =directing(pembimbingan)
=motivating
=influencing

"putting/moving into action"

penekanan aktuasi adalah penciptaan kerjasama antara anggota kelompok serta pada pengarahan semangat kerja,tekad dan kemampuan keseluruh anggota untuk tujuan bersama

merupakan aktifitas pemimpin dalam hal:
-penugasan
-pegarahan
-pemberian perintah
-pemberian petunjuk
-pembinaan
gerak pelaksanaan yang diarahkan untuk mewujudkan tujuan organisasi

aktivitas yang mendorong orang2 yang tergabung dalam usaha kerjasama organisasi itu aantara lain dengan memberikan perintah,petunjuk keada mereka serta usaha2 lain yang ditujukan untuk mempengaruhi dan menetapkan arah bagi tindakan meeka yang harus dilakukan

actuating:usaha untuk menjalankan keseluruhan anggota untuk ikut bertekad dan berupaya dalam rangka mewujudkan tujuan kelompok
G.R Terry:menyuruh semua anggota group/team supaya mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan rencana yang teratur


ruang lingkup pelaksanaan fungsi aktuasi berpusat pada pengelolalaan SDM

-tujuan dari aktuasi adalah untuk menciptakan kerjasama yang lebih efisien,berkembangnyakemampuan dan ketrampilan anggota serta timbulnya perasaan untuk menyukai pekerjan
-semua itu ditentukan manajer
-manaje harus menunjukan baik dalam tingkah laku maupun melalui keputusan2nya bahwa ia memberi perhatian yang besar kepada para anggotanya

selain perhatikan kepentinganh anggota,manajr harus mampu
-menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan para anggota
-menciptakan dan memilihara suasana serta lingkungan kerja yang memuaskan
-menyadarkan para anggota akan pentingnya peranan mereka dalam mencapai tujuan organisasi


syarat2 dalam pembimbingan kepada bawahan
-understanding the environtment of defcision
-interpretation of authority relationship
-interpretation of policies,prosedures and programs
-facilitating coordination

beberapa tekhnik pembimbingan

1.consultative technique
mendorong baahan untuk ikut serta,ikut ambil bagian dalam menentukan perencanaan,misalnya dengan mengadakan pertemuan resmi/tidak resmi.

democratic behavior,sistem manajemen terbuka opened system management,sistem manajemen yang demokratis,manajemen yang mengikutsertakan bawahan,participation methods of management.peranan bawahan bagi berhasilnya proses manajemen benar-benar diakui da dilaksanakan dg sepenuhnya

2.autocratic technique
para bawahan mendapat sedikit kebebasan tetapi tetap tunduk pada satu perintah

3.freereign technique
memberi kemerdekaan kepada para bawahan dan memberi kesempatan pada mereka untuk menjalankan fungsi2 yang ditugaskan kepada mereka,jadi untuk melaksanakan tugas mereka diberi kekuasaan/otonomi yang seluasa2nya,tetapi tetap diberi bimbingan agar mereka tidak berbuat kekeliruan/kesalahan



teory abraham maslow tentang motivasi
1.kebutuhan fisiologis(physiological needs)
kebutuhan homostatis atau biologis adalah kebutuhan untuk hidup sebagai makhluk biologis:lapa,haus,seks,gerak,leleah,kepanasan dsb.merupakan kebutuhan primer .sebelum kebutuhan ini terpenuhi sulit mengajak orang mengerjakan sesuatu yang memerlukan dorongan berdasarka kebutuhan yang lebih tinggi

ciri2 kebutuhan ini:
-kebutuha ini satu sama lain tidak begitu tergantung,walau sma2 terdapat dan berasal dari tubuh
-tempat kebutuhan itu terdapat dalam tubuh,lapar diperut,haus ditenggorokan/mulut,oksigeng di pernafasan atau paru2
-cara memenuhinya berlangsung berkali-kali,makan 3X sehari,minum beberapa kali sehari
-masyarakat yang makmur kebutuhan ni tidak dapat dipakai untuk merangsang

2.kebutuhan akan keamanan dan kepastian nasib(safety and security needs) mulai
berbicara bilamana kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi,org cari kepastian hidup,keamanan,ekonomi,mulai menghendakiperkerjaan dan keadaan rutin dan tidak banyak berubah menurut norma2 tata kesopaan serta peraturan yang jelas dan tegas,menuntut kebebasan tidak tergantung orang lain

3.kebutuhan sosial (social needs)
-kebutuhan sosial,simpati,perkawanan,pengakuan sebagai anggota kelompok dsb.tiap orang ingin menjadi anggota dari suatu golongan/kelompok dimana ia mendapat pengakuan sebagai orang berarti,sbg sahabat,sebagai orang terhormat
-banyak manajer kurang memahami kebutuha ini,sehinga memandang timbulnya golongan2 atau grup2 sebagai suatu bahaya bagi suatu organisasi dan kadang2 bertindak keras utk menghancurkan golongan informal tersebut
-padahal sebetulnyatimbulnya grup ini merupakan proses alamiah yang harus dikembangkan kearah yang positif bagi kemajuan organisasi

4.kebutuhan status da penghargaan (esteem needs)
keinginan untuk hidup bebas,tidak tergantung orang lain atau kekangan orang lain,keinginan untuk percaya pad kemampuan sendiri
-kebutuhan status,kehormatan,pengakuan oleh lingkungan,gengsi,sukses ,edudukan tinggi,keahlian dsb adalah sifat manusiawi
-manajer yang andai dalam membimbing aspirasi bawahanya yang positif bagi pengembangan organisasi akan dapat peroleh tim kerja yang handal

5.kebutuhan aktualisasi diri (self actualitation needs)
-kebutuhan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan bakatnya
-tiap orang ingin berprakarsa,ingin punya ide atau konsepsi diri mengenai suatu masalah atau pekerjaaan dan ingin diberi kesempatan oleh atasanya untuk melaksanakanya sendiri,kembangkan potensinya kembangkan dirinya menjadi kreatif
kebutuhan 1-5 merupakan kebutuhan manusia yang harus diperhatikan oleh manajer sebagai pemimpin dalam rangka memotivasi


herzberg's two factors motivtion theory
moyivasi ideal:peluang untuk melaksanakan tugasa yang lebih membutuhkan keahlian dan peluang untuk kembangka kemampuan

orang dalam melaksanakan pekerjaan dipengaruhi oleh dua faktor yang merupakan kebutuhan :
-maintenance factors
-motivation factors

A.Maintenance factors
-faktorpemeliharaan yang berhubungan dengan hakikat manusia yang ingin memperoleh ketentraman badaniah
-kebutuhan kesehatan ini mrupakan kebutuhan yang berlangsung terus-menerus,karena akan kembali pada titik nol apabila dipenuhi
-orang lapar akan makan,kemudian lapar lagi,makan lagi
-faktor pemeliharaan ini meliputi gaji,kondisi gejala fisik,kepastian pekerjaan,supervisi yang menyenagkan,mobil dinas,rumah dinas dsb.

B.Motivation Factors-faktor motivator yang menyangkut kebutuhan psikologis seserng yaitu perasaan sempurna dalam melaksanakan pekerjaan
-faktor motivsi ini berubungan dengan penghargaan secara pribadi yang secara langsung berkaitan denga pekerjaan,misal:kursi yang empuk,ruangan yang nyaman,penempatan yang tepat dsb.


konsep higiene juga disebut teori dua faktor :
a.isi (content=satisfiers)pekerjaan

-presentasi (achevement)
-pegkuan (recognition)
-pekerjan itu sendiri(the work itself)
-tanggug jawab (responsibility)
-pengembangan potensi individu (advancement)
b.faktor higienis (demotivasi=dissatisfier)
-gaji dan upah (wages and salaries)
-kondisi kerja (working condition)
-kebijakan dan administrasi perusahaan(company policy administration)
-hubungan antar pribadi(interpersonal relation)
-KUALITAS SUPERVISI(quality of supervision)


McClelland's achievment motivation theory
karyawan mempunyai cadangan energi potensial.bagimana energi ini dilepaskan dan digunakan tergantung pada kekuatan doronga motivasi seseorang dan situasi serta peluang yang tersedia


ada3 kebutuhan manusia yang dapat memotivasi gairah bekerja:

1.kebutuhan prestasi (need for achievment)
daya penggerak yang memotivasi semangat kerja seaeorang.mendorong sseorang untuk mengembangkan kreativitas dan mengerahkan semua kemampuan dan energi yang dimilkinya untuk mencapai prestasi kerja yang optimal

2.kebutuhan afiliasi (need for affiliation)
setiap otang menginginkan :
-perasaan diterima oleh orang lain di lingkungan ia hidup dan bekerja(sense of belonging)
-perasaa dihormati,karena setiap manusia merasa dirinya penting (sense of importance)
-perasaan maju dan tidak gagal (sense of achievement)
-perasaan ikut serta(sense of participation)


3.kebutuhan kekuasaan (need for power)
merangsangsang dan memotivasi gairah kerja seseorang serta megarahkan semua kemampuan demi mencapai kekuasan atau kedudukan yang terbaik dalam organisasi.ego manusia ingin lebih berkuasa dari manusia lainya,timbul persaingan

kenapa motivasi harus dilakukan pimpinan terhadap bawahanya
-pimpinan membagi2 pekerjaan kpd bawahan agar dikejakan dengan baik
-ada bawahan yangmampu bekerja tapi ia malas atau kurang brgairah
-memelihara dan meningkatkan kegairahan kerja bawahan dalam menyelesaikan tugas
-memberi penghargaan dan kepuasa kerja kepada bawahan.


@@@@
PENGWASAN (CONTROLLING) SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN

PENGAWASAN ITU:
1.menentukan apakah terjadi kemajuan dalam tercapainya suatu tujuan sesuai dengan apa yang direncanakan
2.memeberikan informasi yang cepat untuk selanjutnya dapat diambil langkah2 perbaikan agar tidak menyimpang dari rencana
3.diperlukan dalam rangkan menjamin terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan suatu organisasi sesuai dengan apa yang direncanakan
4.diperlukan terutama untuk menjawab pertanyaan apakah kegiatan yang sedang berjalan dalam organisasi sudah sesuai dengan tujuan yang diinginkan

definisi pengawasan:
>>pengawasan adalah usaha menentukan apa yang sedang dilaksanakan dengan cara menilai/prestasi yang dicapai dan kalau terdapat penyimpangan dari standar,maka segera diusahakan perbaikan,sehingga sesuai dengan rencana.

pengawasan dilakukan pada semua tingkat manajemen
-pada manajemen tingkat atas (pucu pimpinan)pengawasan dilakukan terhadap seluruh bagian unit perusahaan
-pada manajemen tingkat menengah dan bawah pengawasan dilakukan pada unit pimpinanya masing2


pengawasan dan proses manajemen:
>>fungsi pengawasan tidak lepas dari fungsi manajemen lainya(perencanaan,pengorganisasian,dan aktuasi).kalau fungsi2 manajemen berjalan baik maka pengawasan kurang diperlukan.karena jarang yang berjalan sempurna maka pengawasan diperlukan.

perencanaan mempunyai hubungan khusus dengan pengawasan:
>>perencanaan megidentifikasikan kesepakatan tindakan yang akan dicapai di masa depan -> pengawasan dilaksanakan utuk membantu terlaksananya kesepakatan tersebut.
-kegagalan pengawasan,berarti kegagalan perencanaan,demikian sebaliknya.
-kalau pengawasan menyimpulkan bahwa perencanaan tidak dapat dilaksanakan maka rencana harus dibuat ulang.

prinsip pengawasan
>>pengawasan yang berhasil guna membantu mengatur has yang direncanakan supaya hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang direncanakan.


cara2 pengawasan:
1.mengukur hasil/prestasi yang dicapai
2.membandingkan hasil yang dicapai dengan hasil yang diinginkan dan mencari penyimpangan (kalau ada)
3.memperbaiki penyimpanga tersebut.

A.mengukur hasil mengukur menentukan dengan tepat jumlah dan kapasitas keseluruhan


pengukuran dibedakan 2 kelompok:
1.kelompok yang berkaitan dengan pencapaian seluruh program -> menyangkut kemajuan menyeluruh dan ditangani pihak pimpinan.pengukuranya secara obyektif dengan meggunakan keuntungan dan biaya
2.kelompok yang berkaitan dengan keluaran per-unit yang dikerjakan.
->bersifat lebih mendetail,sehingga bisa m3enggunakan ukuran yang lebih tepat.karena lebih mudah mengukurnya

pengukuran juga dibedakan antara pengukuran nyata dan tidak nyata

nyata,hasilnya:
-unit yang dihasilkan
-kartu
-distribusi sampel

tidak nyata hasilnya
-kemajuan eksekutif
-membentuk semangat kerja

mendapatkan data hasil saat kini

a.pengamatan langsung

kebaikan :
-memberi gambaran langsung dilapangan
-membantu dalam mengecek dan melporkan hal2 yang bersifat tidak nyata

kelemahan :
-tidak dapat memberikan nilai kuantitas secara akurat
-informasinya umum dan luas
-memakan waktu dan mengganggu pekerjaan eksekutif lainya
-menimbulkan ketidaksenagan karyawan


b.laporan lisan
-dilakukan dengan wawancara/pertemuan kelompok untu mengadakan diskusi informal
-disertai dengan cara pengamatan langsung dan menghadapkan langganan.untuk mengecek/memperjelas laporan tersebut
-cara ini lebih lengkap DPRD

c.laporan tertulis
-dilakukan pada perusahaan besar
-diperoleh data lengkap dan dipakai metode statistik
-datanya dapat disimpan dan untuk perbandingan masa yang akan datang
-biasanya dilengkapi dengan laporan lesan dan pengamatan langsung


B.membendingkan hasil dengan standar

>>>kalau ada haisl yang berbeda antara yang dicapai debgan standar harus diputuskan pemecahan mana yan akan dilakukan.
-manajer cukup memperhatikan pada hal2 yang bersifat berbeda saja (exception principle)
-> untuk menghemat waktu
-dengan menggunakan pembadig kunci (key point) -> beraneka ragam kegiatan lain dalam perusahaan tidak perlu diperhatikan.


meperbaiki penyimpangan dengan tindakan perbaikan
-merupakan langkah terakhir dalam proses pengawasan
-tujuan utama adalah muntuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan hasil yang diinginkan


pengawasan awal
>>cara untukmelakukan pengawasan awal adalah c yang menggunakan statistik,dalam pengawasan mutu

faktor2 yang dipakai dalam pengawasan mutu secara statistik adalah:
1.faktor kualitas
2.faktor kuantitas
3.waktu
4.biaya

hasil2 manajemen:
>>dalam "result manajemen" karyawan terlibat dalam menentukan tujuan pribadinyadan menentukan bagaimana orang bisa mencapai tujuan2.melalui kerjanya masing2,sehingga tercipta saling sepakat atas tujuan tersebut.
-menimbulkan motivasi kuat pada karyawan untuk bekerja sebaik-baiknya.


pengawasan dan faktor manusia
>>pengawasan terbaik merupakan kegiatan positif yang diharapkan karyawan ->bisa dicapai dengan result management.
-memberikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik dan menymbang kemajuan perusahaan
-bisa efektif,klo karyawan diberithu tentang apa yang akan dicapai dan alasan mengapa dilakukan kegiatan.
-sikap yang terbaik adalah sikap yang berlandaska pada pandangan bahwa semua kegiatan dilakukan bersama2

pengawasan menyeluruh dan audit
>>pengawasan yang menyeluruh akan memberikan standar yang efektif untuk mengukur/menilai hasil yang diperoleh.yang erat hubunganya adlah manajemen ausit (pemeriksaaan manajemen)


pengawasan prestasi secara menyeluruh
-dapat terpeliharanya pandangan yang luas tentang manajemen
-dapat melihat saling hubungan berbagai kegiatan
-menjaga keseimbangan yang diinginkan antaratujuan dan usaha yang dilakukan.

bahasa indonesia untuk perguruan tinggi

| | Comments: (0)
RAGAM DALAM BAHASA INDONESIA
1.Dilihat dari segi penutur
•Dialek: asal geografis
•Sosiolek: asal stat us sosial
2.Dilihat dr sifat penyampaiannya
•ragam ilmiah
•ragam semiilmiah/ilmiah populer
•ragam nonilmiah
3.Dilihat dari media yg digunakan
•ragam lisan
•ragam tulis
4.Dilihat dari suasana
•ragam resmi
•ragam tidak resmi
5.Dilihat dari kebakuannya
•ragam bahasa baku
•ragam nonbaku


BAHASA INDONESIA RAGAM ILMIAH
>>Tujuan dan konteks pemakaian bahasa akan menentukan ragam bahasa yg akan digunakan.

1.Pengertian dan Karakteristik
Pengertian
>adalah ragam BI yg digunakan utk menulis karya ilmiah (tulisan akademik).
Karya ilmiah sifatnya memaparkan fakta, konsep, prinsip, teori atau gabungan dari 4 hal tsb.

Karakteristik BI ragam ilmiah:
•menggunakan paparan (eksposisi) sebagai bentuk karangan yang utama,
•membatasi pemakaian majas (figures of speech),
•penulis menyebut diri sendiri sebagai orang ketiga (penulis, peneliti),
•sering menggunakan definisi dan klasifikasi
•menggunakan tata cara penulisan dan format karya ilmiah secara konsisten (misalnya dalam merujuk sumber dan menyusun daftar pustaka),
•menggunakan bahasa Indonesia baku
•menghindari kal. fragmentaris: kalimat yg belum selesai;
•ringkas dan padat: tidak ada kata mubazir dan;
•konsisten: pemakaian unsur bhs, tanda baca, tanda (simbol) lain, dan istilah scr konsisten /ajeg.
•Lazim digunakan bentuk pasif
•Menggunakan istilah khusus dlm disiplin masing-masing.


MENULIS AKADEMIK

(Laporan, Makalah, dan Artikel)

Dalam pengembangan keterampilan menulis, perhatikan:
-Perbedaan antara bahasa lisan dan tulis
-Menulis sbg proses dan produk
-Struktur generik wacana tulis
-Perbedaan penulis terampil dan pemula
-Praktik menulis (Nunan, 1991: 86-90).


Menulis sebagai proses kreatif terdiri atas 4 tahap:
-Tahap prapenulisan/persiapan
-Tahap inkubasi
-Tahap iluminasi
-Tahap evaluasi/verifikasi


Langkah2 menulis akademik
1.Persiapan
Pengumpulan bahan
Penentuan tujuan dan struktur tulisan
Penentuan pembaca *
2. Menulis
3. Merefleksikan
4. Merevisi


Makalah
>>Pengertian : karya tulis ilmiah mengenai topik tertentu yang memerlukan studi langsung maupun tidak langsung yang dibahas atau dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah (seminar, lokakarya, simposium, kenferensi, dsb).


Jenis makalah
- Makalah biasa (common paper)
- Makalah posisi ( position paper)


Sistematika makalah/artikel
-Judul, nama penulis, dan identitas penulis
-Abstrak*)
-Pendahuluan : Latar belakang, permasalahan (cakupan), landasan teori, metode, hasil –scr global)
-Tinjauan Pustaka : pustaka dan teori yang mendasari makalah
-Pembahasan : hsl analisis permaslhan berdasar teori dan menggunakan metode yg direncanakan.
*) Ket: artikel wajib, makalah tidak harus ada.
-Penutup :simpulan, ringkasan, catatan, dan saran atau rekomendasi
-Daftar pustaka : disusun secara alfabetis, berupa buku teks, makalah, artikel, dsb.


Hal-hal yang diperhatikan agar dapat menulis makalah
-Penguasaan permasalahan yang akan ditulis;
-Keterampilan membuat kerangka berpikir secara skematis dan menjabarkannya sampai hal paling detil;
-Analisislah hal yang paling detil tersebut dari berbagai sisi sehingga analisis akan mendalam;
-Keterampilan menarasikan ide, gagasan, pikiran, dan pendapat yang dituangkan pada langkah kedua secara tertulis; dan
Kesabaran ketika menyampaikan ide , gagasan, pikiran, dan pendapat secara tertulis.


Praktik Menulis Makalah
-Tetapkan topik yang akan ditulis dalam posisi sentral
-Apakah topik tersebut dapat diperinci lebih lanjut
-Tetapkanlah perincian tersebut mana yang akan dipilih
-Apakah hasil perincin masih dapat diperinci lebih lanjut
-Lakukanlah berulang-ulang sampai topik cukup sempit dan terbatas.


MENULIS AKADEMIK

Kompetensi Dasar
>>Mahasiswa memiliki kemampuan untuk:
menulis karya ilmiah dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang sesuai dengan kriteria akademis.

6.1 Pendahuluan
6.2 Tahap-tahap Menulis
(1) Tahap Prapenulisan
(a) pemilihan/penentuan topik,
(b) Merumuskan masalah dan tujuan,
(c) penyusunan outline,
(d) penentuan dan pengadaan bahan,
(e) penyusunan kuesioner.

(2) Tahap Penulisan
Pengolahan dan analisis data.

(3) Tahap Revisi
Hal-hal yang diperhatikan:
(a) ejaan, (b) tanda baca, (c) pilihan kata, (d) sususan kalimat,(e) susunan alinea,
(f) susunan wacana, (g) aspek teknis (format, lay out, dan tipografi).

6.3 Menulis Makalah
6.3.1 Pengertian Makalah
>>Makalah atau paper atau kertas kerja adalah karya tulis yang membahas suatu masalah berdasarkan logika, pustaka, atau fakta yang disajikan pada sebuah diskusi, lokakarya, simposium, atau seminar.


6.3.2 Jenis Makalah
>>Makalah biasa (common paper) adalah makalah yang dibuat seseorang (mahasiswa) untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas atau berisi pendeskripsian suatu kebijakan, gagasan atau temuan penulis makalah kepada masyarakat.
>Makalah posisi (position paper): penulis melakukan analisis, sintesis dan evaluasi (memihak) pada salah satu aliran dan pendapat orang tertentu, atau membuat suatu sintesis dari beberapa aliran dan pandangan orang lain.

6.3.3 Sistematika Makalah
1.Judul Karangan dan Nama Penulis
Judul yang baik harus memenuhi lima syarat berikut ini.
a.Dapat mencerminkan isi karangan
b.Dapat menunjukkan fokus
c.Dapat membangkitkan rasa ingin tahu pembaca (provokatif)
d.Dapat menjawab permasalahan pokok karangan.
e.Harus disusun secara singkat yaitu berbentuk kelompok kata (frasa), bukan bentuk kalimat panjang.

2.Abstrak dan Kata Kunci
>>Abstrak atau ringkasan makalah: 100 – 200 kata dan diketik satu spasi.
Isi abstrak harus mencakup latar belakang dan masalah, tujuan, teori, hasil, dan simpulan.
Kata kunci (key words) ditulis di bawah abstrak; lima kata atau istilah penting yang diambil dari makalah.

3.Pendahuluan
• Kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi real, atau kesenjangan antara teori dan praktik.
• Alasan-alasan logis tentang pentingnya topik itu dibicarakan.
•ATAU uraian ttg: apa, mengapa, bagaimana, siapa, di mana, dan kapan (5W +1 H)

4.Tinjauan Pustaka (TP) dan Landasan Teori (LT)
TP berisi deskripsi pustaka yang dirujuk berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. LT berisi teori atau konsep yang dijadikan landasan atau pegangan untuk masalah yang dibahasa. LT diambil dari uraian dalam TP. Dg kata lain, LT mrp bagian dari TP.
5.Pembahasan
Bagian utama atau inti dari makalah: deskripsi tentang subjek studi, analisis permasalahan (berdasarkan teori), dan solusinya.
6.Penutup
Simpulan, ringkasan, catatan, an saran atau rekomendasi

7.Daftar Pustaka
Daftar pustaka disusun secara alfabetis menurut nama. Daftar pustaka dapat berupa buku teks, makalah, artikel, dsb.

Praktik Menulis Makalah
a.Tetapkan topik yang akan ditulis dalam posisi sentral
b.Apakah topik tersebut dapat diperinci lebih lanjut
c.Tetapkanlah perincian tersebut mana yang akan dipilih
d.apakah hasil perincin masih dapat diperinci lebih lanjut
e.lakukanlah berulang-ulang sampai topik cukup sempit dan terbatas.






Contoh Pembatasan Topik



Tema: Pengembangan usaha perdagangan skala kecil bagi perempuan pedagang pasar
Tujuan topik




link gbr.




Hal-hal yang diperhatikan agar dapat menulis makalah yakni
(a) penguasaan permasalahan yang akan ditulis;
(b) keterampilan membuat kerangka berpikir secara skematis dan menjabarkannya sampai hal paling detil dengan tahap-tahap sebagai berikut.
(c) analisislah hal yang paling detil tersebut dari berbagai sisi sehingga analisis akan mendalam
(d) keterampilan menarasikan ide, gagasan, pikiran, dan pendapat yang dituangkan pada langkah kedua secara tertulis; dan
(e) kesabaran ketika menyampaikan ide , gagasan, pikiran, dan pendapat secara tertulis.



4.5 Menulis Laporan
4.5.1 Pengertian Laporan
>>suatu bentuk penyampaian informasi kepada seseorang atau lembaga karena tanggung jawab yang diberikan kepadanya.



4.5.2 Dasar-dasar Laporan
>>Pihak yang memberi laporan, pihak yang menerima laporan, sifat dan tujuan laporan.

4.5.3 Tujuan Laporan
>>menjelaskan proses dan hasil suatu kegiatan yang sedang atau telah dilaksanakan secara lengkap dan objektif agar dapat dipahami, dimanfaatkan, atau ditindaklanjuti oleh seseorang atau lembaga lain.

Tujuan laporan pada umumnya:
(1)sbg bahan utk mengambil suatu keputusan;
(2)untuk memecahkan suatu masalah;
(3)mengetahui perkembangan suatu keadaan;
(4)menentukan langkah atau cara memperbaiki suatu keadaan;
(5)menemukan gejala suatu objek/keadaan (sehingga diperoleh langkah tepat untuk mengatasi suatu permasalahan).


4.5.5 Syarat (sifat) Laporan
(1) bahasa harus baik dan benar, jelas, serta efektif;
(2) sistematik;
(3) fakta, data, dan bahan harus tepercaya;
(4) harus mengandung imajinasi;
(5) isi harus lengkap sesuai dengan ruang lingkupnya;
(6) proses dan hasil pembahasan harus objektif;
(7) laporan harus disajikan menarik.

4.5.6 Macam Laporan
(1) laporan berbentuk formulir Isian,
(2) laporan berbentuk surat,
(3) laporan berbentuk memorandum,
(4) laporan perkembangan dan laporan keadaan*,
(5) laporan berkala,
(6) laporan laboratoris,
(7) laporan hasil penelitian ilmiah,
(8) laporan praktik kerja.


PRESENTASI AKADEMIK/ILMIAH
a.Pengertian : bentuk penyajian lisan suatu tulisan akademik atau karya ilmiah dengan teknik tertentu.
b.Dasar presentasi akademik: bahan, topik, tujuan, kerangka penyajian, alat bantu/teknisi, uji coba.


Macam-macam presentasi
1.Berdasar sifat penyampaian
-Formal
-Semiformal
-Nonformal
2.Berdasar jumlah pendengar
-Kelompok besar
-Kelompok kecil/terbatas
-personal
3.Berdasar substansinya
-Presentasi akademik/ilmiah
-Nonakademik/ilmiah

Pelaksanaan presentasi akademik
1. Tahap persiapan
-Menentukan topik
-Menganalisis pendengar
-Kesiapan teknis di lapangan (kapasitas ruang, formasi duduk, dsb)
-Menentukan cakupan materi dan mengatur sistematika penyajian
-Menentukan kerangka berpikir dlm diagram alur/flow chart
-Siapkan dlm media penyajian (OHP, LCD, dsb)
-Cetak materi
-Uji coba penyajian.


2. Tahap Penyajian
a. Antisipasi gangguan penyajian
-Memastikan kecukupan pencahayaan dan ruang gerak
-Memperhatikan tingkat kapasitas peserta ketika memilih bahasa dan media
-Menghindari kemungkinan multitafsir ungkapan yang dipilih
-Mempunyai pikiran positif tentang peserta
-Membuat peserta nyaman, dihormati, dan dihargai
-Memperhatikan latar belakang budaya peserta
-Mempunyai sikap terbuka terhadap perbedaan sikap dan pendapat orang lain
-Memastikan bahwa pakaian yang dikenakan sesuai (dari segi situasi dan norma sosial budaya)

b. Memaksimalkan efektivitas presentasi
-Memastikan kecukupan pencahayaan dan ruang gerak
-Memperhatikan tingkat kapasitas peserta ketika memilih bahasa dan media
-Menghindari kemungkinan multitafsir ungkapan yang dipilih
-Mempunyai pikiran positif tentang peserta
Membuat peserta nyaman, dihormati, dan dihargai
-Memperhatikan latar belakang budaya peserta
-Mempunyai sikap terbuka terhadap perbedaan sikap dan pendapat orang lain
-Memastikan bahwa pakaian yang dikenakan sesuai (dari segi situasi dan norma sosial budaya).


Tips sukses presentasi
1.Beranikanlah bicara
2.Ciptakan kesan petama cukup meyakinkan
3.Berbicaralah dg percaya diri
4.Kenalilah pendengar
5.Lakukan kontak mata
6.Buka saluran.
7.Ciptakan irama.
8.Keluarkan energi lewat gestur/bahasa tubuh.
9.Pertanyaan dialog.
10.Jangan gampang merasa panik.
11.Mengalir (easy going) sajalah pada saat presentasi.
12.manfaatkan alat bantu/peraga
Menyatu dengan perlengkapan
13.Jangan pernah menghafalkan naskah presentasi.
14.Evaluasi diri sendiri.



Etika presentasi akademik (penyaji, moderator, pserta, nutulis)
-Berikanlah bahan presentasi kp endengar
-Hargai pendapat atau pertanyaan peserta
-Pserta harus jujur pada diri sendiri, bertanya jika blm tahu dan minta karifikasi jika masih bingung serta hargailah pendapat orang lain
-Hargailah pendapat atau jawaban penyaji
-Moderator harus adil dan taat jadwal
-Notulis hrs cermat dan teliti

4.5.7 Bentuk Penyajian Laporan
(1) laporan formal,
(2) laporan semiformal,
(3) laporan prosiding,
(3) laporan antara,
(4) laporan akhir.

4.5.8 Struktur Laporan
1. Bagian Awal, meliputi :
- halaman sampul (cover) - halaman daftar isi
- halaman judul - halaman daftar tabel
- halaman pernyataan - halaman daftar gambar
- halaman persetujuan - halaman daftar lampiran
- halaman pengesahan - halaman intisari
- motto dan persembahan
- halaman prakata
2. Bagian Isi, meliputi :
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Tinjauan Pustaka
Bab 3 Metode/Cara Penelitian
Bab 4 Hasil dan Pembahasan
Bab 5 Penutup: rangkuman, catatan, kesimpulan dan Saran/rekomendasi

3. Bagian Akhir, meliputi :
- Daftar pustaka
- Lampiran


PROPOSAL
Pengertian :
>>Suatu saran atau permintaan kp lembaga/badan untuk melakukan pekerjaan tertentu


Bagian-bagian proposal
1. Bagian Pendahuluan
-Halaman judul luar dan dalam
-Halaman pengesahan
-Abstrak/ringkasan
-Daftar isi


Judul : singkat, spesifik, jelas
-Contoh judul: Pengembangan usaha perdagangan skala kecil bagi perempuan pedagang pasar di perkotaan.
-Abstrak: latar belakang, tujuan, landasan teori, metode (apa, mengapa, bagaimana, di mana, siapa, apa hasil/kontribusinya) .
-Panjang Abstrak: 200-400 kata


II. Bagian Isi
1. Latar belakang masalah
-Asli
-Filosofi keilmuan: 5W+1H
-Manfaat
-Aktual


Sumber permasalahan
-Bacaan (laporan penelitian)
-Pertemuan ilmiah:seminar, diskusi, pelatihan
-Pernyataan pemegang otoritas
-Pengamatan sepintas
-Pengalaman empiris
-Intusi


2. Perumusan masalah
-Padat dan jelas
-Menghubungkan dua aspek/variabel
-Memberi petunjuk cara pengmpulan data
-Gunakan kalimat tanya
-Dapat didahului latar belakang singkat


Contoh rumusan masalah
-Bagaimanakah pengaruh keluarga & aktivitas domestik dalam pengembangan karier dosen perempuan?
-Bagaimanakah pengaruh tk pend dlm pengembangan karier dosen perempuan?


3. Tujuan Penelitian: umum dan khusus
-Jelas, tegas, spesifik
-Kalimat deklaratif
-Bersifat operasional: mendeskripsikan, menjelaskan, mengidentifikasi, mendisain, merumuskan, dsb.


Contoh tujuan penelitian:
-Menjelaskan pengaruh keluarga & aktivitas domestik dalam pengembangan karier dosen perempuan.
-Menjelaskan pengaruh tk pend dlm pengembangan karier dosen perempuan.


4. Manfaat penelitian
-Teoretis
-Praktis


5. Hipotesis
-Sbg pengarah data yg akan dijaring, cara pengumpulan, dan model analisis
Syarat-syarat hipotesis:
-Dalam bentuk kalimat deklaratif
-Dikaitkan dg keadaan populasi, bukan sampel
-Kaitan sedikitnya dua variabel
-Harus dapat diuji (melalui indikator)
-Hubungan antarvariabel.


6. Tinjauan Pustaka dan Landasan Teori
-Pustaka terbaru, relevan, dan asli dr buku teks atau jurnal
-Uraiakn dg jelas hal yg menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian.
-Uraiakan teori dan temuan yg menjadi landasan usulan
-Susunlah kerangka konseptual berdasar tinjauan pustaka dan landasan teori


7. Metode Penelitian
-Alasan pemilihan lokasi
-Populasi dan sampel
-Pengumpulan data
-Analisis data


8. Jadwal Kegiatan
-Pengurusan perizinan
-Rapat tim
-Diskusi metodologis
-Penyusunan instrumen penelitian
-Uji coba instrumen
-Pengumpulan data
-Validasi data
-Pengolahan data
-Penulisan laporan revisi


9. Daftar Pustaka
-Hanya yang dikutip dalam proposal
-Sistem alfabetis
-Sistem nama, tahun, judul, tempat terbit dan penerbit


III. Bagian Akhir
-Rencana anggaran beaya: bahan habis pakai (material penelitian), ATK, beaya perjalanan, gaji dan upah
-Lampiran-lampiran: CV, jastifikasi anggaran
-Bagian ini tidak selamanya disertakan.

G.I. JOE: THE RISE OF COBRA

| | Comments: (0)


M.A.R.S. berhasil membuat sebuah senjata biologis yang sangat berbahaya dan memberinya nama nanomites. James McCullen (Christopher Eccleston) lantas memerintahkan dua orang serdadu NATO, Duke (Channing Tatum) dan Ripcord (Marlon Wayans) untuk mengawal sebuah tas berisi nanomites ini agar tidak jatuh ke tangan orang-orang yang salah.

Sayang dalam perjalanan, Duke dan Ripcord disergap oleh sekawanan serdadu bayaran yang dipimpin oleh Baronness (Sienna Miller). Kalah dalam sisi jumlah dan persenjataan, Duke dan Ripcord hampir saja mengalami nasib tragis kalau saja General Hawk (Dennis Quaid) dan pasukannya datang menolong. Namun meskipun begitu, tas berisi nanomites tetap saja dapat direbut Baronness dan kawan-kawannya.

General Hawk lantas mengajak Duke dan Ripcord untuk bergabung dengan pasukan elit yang ia bentuk, tim tentara super yang ia sebut G.I. Joe. Merasa bertanggung jawab pada nanomites yang kini berada di tangan sekelompok teroris dan dendam atas kekalahan dari musuh lamanya, Baronness, Duke pun bersedia bergabung bersama G.I. Joe.

Kini, bersama dengan Scarlett (Rachel Nichols), Snake Eyes (Ray Park) dan tim G.I. Joe yang lain, Duke dan Ripcord harus bekerja keras memburu Baronness dan seluruh anggota organisasi Cobra yang bermaksud menggunakan nanomites ini untuk menguasai seluruh dunia dengan cara menebar penderitaan dan ketakutan.

download

download subtitle indonesia
| | Comments: (0)
M.A.R.S. berhasil membuat sebuah senjata biologis yang sangat berbahaya dan memberinya nama nanomites. James McCullen (Christopher Eccleston) lantas memerintahkan dua orang serdadu NATO, Duke (Channing Tatum) dan Ripcord (Marlon Wayans) untuk mengawal sebuah tas berisi nanomites ini agar tidak jatuh ke tangan orang-orang yang salah.

Sayang dalam perjalanan, Duke dan Ripcord disergap oleh sekawanan serdadu bayaran yang dipimpin oleh Baronness (Sienna Miller). Kalah dalam sisi jumlah dan persenjataan, Duke dan Ripcord hampir saja mengalami nasib tragis kalau saja General Hawk (Dennis Quaid) dan pasukannya datang menolong. Namun meskipun begitu, tas berisi nanomites tetap saja dapat direbut Baronness dan kawan-kawannya.

General Hawk lantas mengajak Duke dan Ripcord untuk bergabung dengan pasukan elit yang ia bentuk, tim tentara super yang ia sebut G.I. Joe. Merasa bertanggung jawab pada nanomites yang kini berada di tangan sekelompok teroris dan dendam atas kekalahan dari musuh lamanya, Baronness, Duke pun bersedia bergabung bersama G.I. Joe.

Kini, bersama dengan Scarlett (Rachel Nichols), Snake Eyes (Ray Park) dan tim G.I. Joe yang lain, Duke dan Ripcord harus bekerja keras memburu Baronness dan seluruh anggota organisasi Cobra yang bermaksud menggunakan nanomites ini untuk menguasai seluruh dunia dengan cara menebar penderitaan dan ketakutan.

download

download subtitle indonesia

ice age 3D (dawn of the dinosaurus)

| | Comments: (0)

film ini adalah film yang kocak yang memilki seting pada masa jaman es, film ini mengisahkan Manny dan Ellie sedang menanti bayi mammoth. Manny jadi super panik dan sibuk menyiapkan taman bermain untuk bayinya.

Diego, macan taring (sabretooth) menderita krisis identitas. Fisik melemah, ngos ngosan mengejar buruan dan ingin mencari atmosfir baru. Sementara Sid kukang pun merasakan kehilangan masa-masa keakraban bersama sahabatnya, Manny dan Diego.

Tak sengaja Sid menemukan 3 telur, dan berpikir hendak mengasuh bayi di dalam telur tersebut seperti anak sendiri. Dasar Sid memang pembuat masalah, ternyata telur tersebut milik T-Rex. Tentu saja, Mama T-Rex murka, mencari anaknya dan membawa 3 bocah yang telah lahir bersama Sid kembali ke sarangnya.

Yap! Ternyata jauh di bawah lapisan salju tempat para Ice Age bermukim, tersembunyi hutan tropis dari makhluk-makhluk zaman Jura. Pada saat itu, kondisi lapisan es semakin tipis dan terbatas. Lapisan es yang mencair membuka jalan penghubung antara lapisan es tebal dan wilayah bagai hutan kawasan tropis.

Bak Professor Challenger dan kawan-kawan memasuki Lost World dalam karya Sir Arthur Conan Doyle, Manny, Ellie, Diego, serta dua possum bersaudara sahabat Ellie, Eddie dan Crash memasuki hutan mencari Sid.

Di dunia yang baru mereka kenali, banyak kejutan mereka temui. Manny yang setinggi 6 meter kalah besar dibandingkan makhluk-makhluk zaman Jura seperti T-Rex, brontosaurus, bahkan Rudy.

Rudy? Siapa dia? Ini tokoh antagonis, dinosaurus Baryonyx albino yang sangat besar dan ditakuti di penjuru hutan tropis. Dalam suatu pertempuran Rudy kehilangan satu gigi taring dalam bertarung bersama Buck the Wild.

Si musang petualang Buck menjadikan gigi taring Rudy sebagai pisau belati. Namun pertempuran itu juga mengakibatkan Buck yang berujung kehilangan satu mata.

Buck yang sepertinya memiliki never ending battle bersama Rudy, menjadi penolong Manny dan teman-teman dalam mencari Sid serta kembali ke habitatnya.

Secara keseluruhan jalan cerita sekuel ketiga lebih seru ketimbang film-film sebelumnya. Tokoh yang lebih variatif ditopang setting lokasi yang lebih berwarna.

Dedaunan hijau, hewan dalam kulit berwarna-warni, geomorfologi yang lebih variatif, mulai dari hutan belantara, danau, hingga gunung berapi tentu pemandangan lebih memikat mata.

Bandingkan saja dengan sekuel pertama dan kedua mata penonton disuguhi warna salju putih hampir sepanjang film. Animasi grafis komputer juga terasa lebih baik dan smooth.

Tupai purba Scrat yang selalu mencari kenari, kali ini mendapat porsi tampil lebih banyak. Bahkan, Scrat juga mendapat pendamping seekor tupai betina bernama Scratte.

Film ini juga mengajarkan perlunya kekompakan antar rekan, dan persahabatan di atas segalanya. Film yang dirilis oleh Fox International ini juga sarana tepat jika Anda mau meluangkan waktu pula untuk sedikit memberi pembelajaran tentang paleontologi kepada si kecil. Sekitar 1 jam lebih penonton siap tertawa dalam suguhan film yang layak tonton bagi semua umur.

download

link terjemahan bahasa indonesianya disini

avatar

| | Comments: (0)


Ketika dikirim ke Pandora, Jake Sully (Sam Worthington) terjebak di antara dua kubu yang sedang bertikai. Pandora merupakan planet asing yang dihuni berbagai makhluk ihidup. Jake yang semula berharap bisa memulai hidup baru malah terlibat masalah yang mengharuskannya memilih salah satu pihak.

Jake merupakan mantan marinir yang mengalami luka parah dalam sebuah pertempuran di bumi yang mengakibatkan kaki Jake mengalami kelumpuhan total. Ada satu harapan buat Jake yaitu jika ia mengikuti program Avatar dan dikirim ke planet Pandora maka ia akan kembali bisa berjalan seperti sedia kala meski konsekuensinya Jake akan menggunakan 'tubuh baru'.

Agar memungkinkan buat manusia untuk hidup di Pandora maka mereka dibuatkan satu tubuh buatan dan pikiran para manusia ini akan ditanamkan ke dalam tubuh yang disebut Avatar ini sehingga Avatar ini seolah-olah adalah tubuh mereka sendiri. Tugas Jake adalah menjadi pemandu bagi beberapa manusia yang menggunakan tubuh Avatar untuk mencari sumber mineral baru untuk kepentingan industri di bumi.

Di tengah perjalanan, Jake bertemu Neytiri (Zoe Saldana), bangsa Na'vi penghuni planet Pandora. Seiring berjalannya waktu Jake pun jatuh cinta pada Neytiri. Berawal dari cinta inilah Jake lantas menghadapi dilema antara melanjutkan misinya mengeksplorasi Pandora atau membela kaum Na'vi melindungi Pandora.download part 1-part 2-part 3-part 4-part 5-part 6

jangan lupa download txt terjemahanya disini

geng ipin dan upin pengembaraan bermula

| | Comments: (0)

kalian pasti sudah pada tahu,tokoh animasi yang berasal dari negeri tetangga kita (malaysia) yup....!! bener banget ipin dan upin sekarang mereka dibuat versi layar lebarnya. mau tahu kisahnya langsung download saja disini

9 (nine)

| | Comments: (0)

Di sebuah dunia paralel, terdapat sembilan makhluk hidup yang bernama sesuai dengan urutan angka dengan 1 (Christopher Plummer) sebagai pemimpinnya. Hidup kesembilan makhluk ini tak pernah tenang karena mereka selalu diburu robot ganas yang selalu siap memburu mereka untuk mengambil jiwa mereka.

9 menjalin persahabatan dengan 5 (John C. Reilly) yang hanya memiliki satu mata. Suatu ketika, dua sahabat ini meninggalkan tempat persembunyian untuk mencari 2 (Martin Landau) yang sempat menyelamatkan 9 sebelum ia bergabung dengan kelompok yang dipimpin oleh 1 ini.

Saat sedang membongkar-bongkar barang di antara reruntuhan 9 dan 5 dikejutkan oleh munculnya robot ganas yang siap mengambil jiwa mereka. 9 sadar bahwa mereka tak bisa selamanya lari dari robot ganas ini dan sudah saatnya mereka melawan agar terbebas dari ancaman yang selama ini menghantui hidup mereka.

Di saat yang sama, 9 juga sadar bahwa ia tak mungkin melawan robot ini dengan kekuatan fisik. Harus ada cara cerdik untuk bisa mengalahkan sang pencabut nyawa ini agar mereka bisa melanjutkan hidup mereka di planet yang kini telah dihancurkan oleh robot ini.

dikutip dari kapanlagicomDOWNLOAD

O iya jangan lupa donlwoad text versi bahasa indonesianyadisini