| |
ORGANISASI DAN MANAJEMEN BISNIS
Bsisnis=adalah keseluruhan kegiatan/aktifitas yan dilakukan secara teratur dan continue berupa pengadaan barang/jasa untuk dijual atau disewagunakan denga tujuang memperoleh laba.
Organisasi bisnis hadir di masyarakat karena
1.Keingnan return atas investasi
2.Adanya peluang untuk memperoleh margin/keuntungan dr bisnis yang dilakukan
Pengertian bisnis;
1.Aspek ekonomi
Bisis berarti bekerja ,seni yang dilakukan masyarakat yang maa dihubungkan dengan memproduksi suatu kesejahteraan masyarakat.
2.Aspek fungsi
Bisnis adalah kegiatan manusia yang berhubugan dengan pengadaan barang/pembelian barang untuk dijual kembali dengan memperoleh laba
3.Menurut urwick dan hunt
Bisnis adalah usaha untuk mmbuat,menyalurkan,menyediakan barang atau jasa kepada orang lain atau kelompok yag membutuhkan yang mampu dan dapat menjangkau untuk membayarnya dengan harga yang wajar
Niaga (commerce)
Adalah jumlahkeseluruhan dari jalanya usaha dalam menyingkirka hambatan karena person/pribadi (dagang ),tempat (transport dan asuransi),waktu(gudang),pertukaran/pembayaran (banking) darikomoditas
Hambatan2 dari aktifitas yang dilakukan;
1.Pribadi dari perdagangan
2.Tempat,ditempuh dengan transportasi dan asuransi
3.Waktu ,lamanya penyimpanan di gudang
4.Pertukaran/pembatyaran,perbedaan mata uang ditempuh melalui perbankan
5.Informasi melalui iklan dan promosi
Karakter bisnis
Menyelenggarakan pengadaan barang
Upaya untuk melakukan penjualan /transaksi bisnis
Bisadalam bentuk barang dan jasa
Keseluruhan aktifitas yang dijalakan secara teratur dan kontinyu
Membutuhkan profit /laba sebagai reward atas usaha yang dilahirkanya karena lembaga bisnis adalah lembaga sosial
Masa yng akan dating penuh ketidak pastian sehingga pastiada resiko
Kontinitas,persyaratan agar bisnis sukses
1.Rumuskan sasran daripada orang bisnis agar punya pedoma yang jelas.rumuskan jangka pendek ,menengah,dan panjang supaya dapat dijadikan pedoman
2.Planning,perlu langkAH2 apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan .cari yang paling efisien dihubugkan biaya
3.Research –Fure research
-applied research
Industrial research
Material research: bahan baku apa?jika habis penggantinya apa?
Market :punya gambaran yang jelas terhadappasar
Product : apakah bisa untuk kurun waktu selamanya/ hanya sementara.kontinyu / incidental
Equipment & prose research :peralatan dan mesin bisa menekan biaya,harga jual bisa lebih rendah
Ciri2 organisasi yang efektif
Memiliki perencanaan dan pegawasan yang baik
Operasi organisasi selalu mengalami perbaikan
Kerjasamadengan organisasi lain cukup baik
Membangkitkan partisipasi anggota
Punya tanggung jawab sosial (csr)
Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
Mengetahui tujuanya dengan jelas
Terdapat integrasi tujuan individu dengan tujuan organnisasi
Memberikankepuasan kepada
Pemilik (via perolehan laba)
Pelanggan ( pelayanan )
Karyawan n masyarakat umum
Mengembangkan SDM yang efektif








Peran manjerial
Kewenangan formal status


Manjer
Peran antar pribadi peran informasi peran pengambil keptsn
-tokoh -pengamal -wirausaha
-pemimpin -peyalur -pemecah masalah
-penghubung -juru bicara -alokasi SD
Ketrampilan manajerial
1.Technical skill
2.Interpersonal skill
3.Konseptual skill : melahirkan ide’’,gagasan”,konsep” yang berhubungan dengan rencana pengorganisasian, pengawasan,pelaksanaan,serta pengembangan bisnis yang bersangkutan terutama didalam menghadapi kasus dari bisnis yang bersangkutan
4.Diagnostic skill : ketrampilan mendiagnosa permasalahan yang dihadapi organisasi dan mencari alternative pemecahan masalah
5.Analytical skill : menganalisis kunci-kunci pokok permasalahan yang dihadapi permasalahan
6.Political skill :
Ketrampilan manajer untuk :
Menemukan orang yang tepat dan mempengaruhi orang yang tepat
Melakukan hubungan yang benar guna ; meraih tujuanya/ keinginanya
Positif
Mendapatkan dukungan untuk membeli produk / menggunakan jasa organisasi bisnisnya
BNI Undip dengan rector,dekan fakultas
Apotik dalam mencari pembeli obat
Negative
Menggunakan power pejabat/ instansi tertentu untuk menjatuhkan lawan bisnis
Memanfaatkan organisasi untuk meredam tekanan buruh dalam sebuah perusahaan/pabrik/industry
Suatuorgaisasi bisnis dituntut untuk eksis sampai berbagai alih generasi ,untuk itu di perlukan dukungan dari stake holders,supplie,lingkungan ,teknolgi untuk menjamin kontinuitas organisasi bisnis.

ORGANISASI DAN LINGKUNGAN BISNIS

Sasaran kontinuitas kehidupan

organisasi lingkungan
langsung
transaksional konsumen pemasok


stake menengah sertifikat buruh
holders penekan pemerintah

umum masyarakat umum kontekstual pers,pegawai,kompetitor

stake holders ( freeman dan reed )
Luas : setiap kelompok/perseorangan yang di identifikasi dapat mempengaruhi tercapainya tujuan2 suatu organisasi,misal: instansi pemerintah ,asosiasi dagang,pesaing pemilik,sb,pengawas dsb.
Sempit : setiap kelomok/perorngan terhadap siapa organisasi tergantung untuk kelangsungan hidupnya,misal : pemilik,supplier,bank,peg,pelanggan








mengatasi tekanan lingkungan transaksional
integrasi

integrasi kebelakang (BI) menguasai pemasok sasaran : efisiensi,kelancaran produksi


integrasi ke depan sasaran : menjamin efektivitas penyalur produksi
menguasai market intermediary via : akuisisi,beri komisi

integrasi ke samping kepada pesaing via beginning power/preposition
Aliansi ,asosiasi,gentle agreement
Ciri2 azas yang perlu dipraktekan dalam pegembanga aliansi perusahaan ysng sinerjik :
1.Sukarela
2.Kemitraan yang sederajat
3.komplementaritas adanya kebutuhan untuk saling mengisi produk
4.Akumulasi pengetahuan
5.Wawasan jangka panjang agar aliansi dapat bersinambug
Sikap dan perilaku yang dibutuhkan dalam menangani suatu pembangunan jaringan kerja sama ( aliansi )oleh seorang pimpinan usaha.
1.Memiliki wawasan usaha yang luas
2.Puya ambisi untuk menghasilkanseseuatu yang terbaik
3.Yakinakan potensi dan jati dirinya
4.Memiiki wawasan yang antisipatif
5.Keterbukaan
6.Mempunyai kemempuan dan kemauan belajar yang tinggi
7.Punya sikap empatik terhadap mitra kerjanya
8.Berperulaku etis (pedoman pd peraturan yang berlaku umum )




Penyelarasan structural dengan lingkungan transaksional
dalam konteks desain organsasi
Departementalisasi organisasi /unit orgaisasi (pemasaran)
Produk menyesuaikan produk dengan segmen pasar
Pasar membagi segment pasar atas dasar kepentingan pasar dan konsumen
Pelanggan menyesuaikan struktur atas dasar kelompok pelanggan

Wilayah menyesuakan struktur atas dasar luas wilayah pasar

Organisasi menjamin sifat adaptif
penyelarasasn structural

Lingkungan Peran hububgan keluar fokuskan pd lingkungan transaksi
Integrasi
Sub kontak
Organisasi berorientasi pasar
Perlunya badan hukum bagi organisasi bisnis
1.Untuk menjamin kontinuitas operasi daripada suatuorganiasi bisnis
2.Untu mempermudah kemungkinan penarikan modal dari pihak ke-3
Stock holders
Investor
Bank partner
3.Untuk memudahkan dalam mempertanggungjawabkan utang piutang dari organisasi bisnis yang bersangkutan



Caracteristic feature
Sole proprietorship
1.Oneman ownership kepemilikan satu orang
2.Personal control dikontrol sendiri
3.Total or divided risk resiko ditanggung sendiri
4.Free from government Regulation adanya aturan2 yang mengikat yang jumlahnya terbatas
5.Proprietor and the firm identical
Manajemen succession
1.Pengisian posisi yang kosong disembarang waktu yang diersiapkan secara teratur dan efisien guna menjamin kontinuitas pengawasan suatu lembaga bisnis (big business)
2.Business organization wich is relatively small within the industry
Ukuran kuantitatif
Junlah tenaga kerja
Jumlah modal
Jumlah omzet penjualan
3.Internal problem
Modal
Pemasaran
Kepemimpinan tungal/ kekosongan pimpinan
Extern
Persaingan
Kebijakan pemerintah
Suksesi manajemen menjadimasalah dalam bisnis, baik skalakecil menengah ,ataupun besar.jika tanpa persiapan calon pengganti dalam suatu organisasi bisnis
Mengapa manajemen succession memiliki masalah dominan pada bisnis berskala kecil
Ada keengganan untuk mengalihkan kekuasaan pada pembantu-pembantunya
Takut pembantu2nya berbuat salah
Takut kehilangan kekuasaan untuk kontrak bisnis terutama bagi pemilik style kepemimpinanya

0 komentar: