| |
Manajemen produksi administrasi bisnis undip
APA ITU PRODUK ?
Produk adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia
PRODUK YANG BERHASIL, berarti merupakan produk yang dapat benar-benar memenuhi kebutuhan dan keinginan atau selera konsumennya.
PRODUK YANG GAGAL, adalah produk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan atau selera konsumennya.
Setelah produk itu menjadi produk yang berhasil maka akan mengalami perjalanan hidupnya di pasar. Perjalanan hidup produk dari mulai diperkenalkan sampai mati itu disebut “SIKLUS HIDUP PRODUK” atau “DAUR HIDUP PRODUK” atau “PRODUCT LIFE CYCLE”
APA ITU TIGA ASPEK PRODUK
Berdasarkan atas pengertian produk maka terdapat 3 aspek dari produk yang perlu diperhatikan agar memudahkan dalam mempelajari strategi produk :
1. PRODUK INTI (Core Product)
Produk inti merupakan manfaat inti yang ditampilkan oleh suatu produk kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan serta keinginannya.
2. PRODUK YANG DIPERLUAS (Augmented Product)
Produk yang diperluas mencakup berbagai tambahan manfaat yang dapat dinikmati oleh konsumen dari produk inti yang dibeli
3. PRODUK FORMAL (Formal Product)
Produk formal adalah yang merupakan “penampilan atau perwujudan” dari produk inti maupun perluasan produknya.






Atribut Produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan oleh pembeli.
Atribut produk dapat berupa :
Sesuatu yang berujud (tangible) dapat berupa desain produk, bungkus, merek, dan sebagainya
Sesuatu yang tidak berujud (intangible) misalnya dapat berupa nama baik dan sudah terkenal dari perusahaan penghasil barang tersebut.
Konsep produk merupakan suatu pengertian atau pandangan konsumen terhadap suatu produk yang dibutuhkan dan diinginkannya
Apakah arti atau kegunaan produk itu terhadap konsumen, biasanya dalam memberikan arti ini konsumen memeliki dua macam yaitu :
Arti/Fungsi Teknis dari suatu produk merupakan pangkal tolak darai esensi suatu produk, dan fungsi teknik ini biasa disebut sebagai “ PRODUK PANGKAL”, atau “GENERIC PRODUK” atau “PRPDUK GENERIK”
Arti/Fungsi Nonteknis dari suatu produk yang tercermin dari kandungan-kandungan nonteknis suatu produk yang berkaitan dengan kebutuhan manusia dalam aspek sosialnya.

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK
ARTI DAN TUJUAN
Penelitian dan pengembangan produk itu sangat menentukan keberhasilan perusahaan.
Karena akan :
memungkinkan diciptakannya inovasi, penilaian pertama, pengembangan prototipe, penilaian ekonomis, persiapan spesifikasi, proses percobaan, dan putusan pemilihan produk secara final.
memungkinkan perusahaan selalu menjadi yang pertama dapat memperkenalkan produk baru, proses/metode produksi baru, dan lain-lain shg kemungkinan menjadi “pemimpin” selalu ada
POLA PRODUKSI
Adalah bagaimana jumlah produksi selama satu tahun akan didistribusikan kedalam masing-masing bulan, minggu dsb.
POLA PRODUKSI KONSTRAN
Adl. Lebih menitik beratkan adanya Stabilitas Produksi
POLA PRODUKSI BERGELOMBANG
Adl. Lebih menitik beratkan adanya Stabilitas Persediaan
POLA PRODUKSI MEDERAT
Adl. Penggabungan Pola produksi Konstan dengan Pola Produksi Bergelombang




POLA PRODUKSI KONSTAN
Adl. Merupakan suatu distribusi dari jumlah produksi selama satu tahun ke dalam jumlah produksi setiap bulan, dimana jumlah produksi dari bulan ke bulan tersebut adalah sama atau relatif sama

POLA PRODUKSI BERGELOMBANG
Adl. Merupakan suatu distribusi dari jumlah produksi selama satu tahun, dimana jumlah produksi dari bulan ke bulan tersebut adalah selalu berubah mengikuti perubahan tingkat penjualan dalam perusahaan tsb.
BULAN
Psd.. Awal
Produksi
Penjualan
Psd..Akhir
Januari
10.000
2.000
2.000
10.000
Februari
10.000
4.000
4.000
10.000
Maret
10.000
5.000
5.000
10.000
April
10.000
8.000
8.000
10.000
Mei
10.000
9.000
9.000
10.000
Juni
10.000
8.000
8.000
10.000
Juli
10.000
7.000
7.000
10.000
Agustus
10.000
6.000
6.000
10.000
September
10.000
4.000
4.000
10.000
Oktober
10.000
2.000
2.000
10.000
Nopember
10.000
2.000
2.000
10.000
Desember
10.000
3.000
3.000
10.000

POLA PRODUKSI MODERAT
Adl. Merupakan kombinasi antara Pola Tetap dengan Pola Bergelombang, untuk produksi satu tahun dimana jumlah produksi dari bulan ke bulan tersebut ada kalanya berubah adakalanya tetap tsb.
BULAN
Psd.. Awal
Produksi
Penjualan
Psd..Akhir
Januari
10.000
3.000
2.000
11.000
Februari
11.000
4.000
4.000
11.000
Maret
11.000
5.000
5.000
11.000
April
11.000
7.000
8.000
10.000
Mei
10.000
7.000
9.000
8.000
Juni
8.000
7.000
8.000
7.000
Juli
7.000
7.000
7.000
7.000
Agustus
7.000
7.000
6.000
7.000
September
7.000
4.000
4.000
7.000
Oktober
7.000
4.000
2.000
9.000
Nopember
9.000
3.000
2.000
10.000
Desember
10.000
3.000
3.000
10.000

KEBIJAKAN DAN STRATEGI OPERASI
MANAJEMEN PRODUKSI
PRODUKSI: KEGIATAN MENCIPTAKAN DAN MENAMBAH KEGUNAAN (FORM OF UTILITY) SUATU BARANG ATAU JASA. DIPERLUKAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI: MAN, MONEY, MATERIAL, METHOD
MANAJEMEN: MENGELOLA, TATA LAKSANA YG TERDIRI DARI PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLING
KEGIATAN UNTUK MENGATUR AGAR DAPAT MENCIPTAKAN DAN MENAMBAH KEGUNAAN (UTILITY) SESUATU BARANG ATAU JASA.
UTK MELAKSANAKAN KEGIATAN PRODUKSI DIPERLUKAN PABRIK (FACTORY PLANNING:
PLANT LOCATION
PLANNING THE BUILDING
PLANT LAY OUT
INDUSTRIAL LIGHTING. NOISE AND PLANT CLIMATE (WORK ENVIRONMENT)
FAKTOR2 PEMILIHAN LOKASI
DEKAT DENGAN PASAR
DEKAT DENGAN SUMBER BAHAN MENTAH
TERDAPATNYA FASILITAS ANGKUTAN
DEKAT DENGAN SUMBER TENAGA KERJA
TERDAPATNYA PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK
SECONDARY FACTORS
RENCANA MASA DEPAN
BIAYA TANAH DAN GEDUNG
KEMUNGKINAN PERLUASAN
TERDAPATNYA FASILITAS SERVICE
SIKAP MASYARAKAT
IKLIM
WATER SUPPLY
PAJAK
DSB
PUSH N PULL FACTORS
OF RELOCATION
PUSH FACTORS:
-KEBIJAKAN PEMERINTAH TT LINGKUNGAN YG KETAT
-PAJAK YG TINGGI
-KEJENUHAN LOKASI INDUSTRI: EKONOMI BIAYA TINGGI
-UPAH BURUH YG MAHAL
PULL FACTORS
UPAH BURUH MURAH
PERATURAN YG LONGGAR
PAJAK YANG MURAH
TERSEDIANYA BAHAN BAKU
PASAR
PLANT LAY OUT
PENYUSUNAN YG TERATUR DAN EFISIEN FASILITAS PABRIK DAN KARYAWAN DIDALAM PABRIK
TERMASUK: MESIN, SERVICE AREA: TEMPAT PENGIRIMAN BARANG, PEMELIHARAAN, GUDANG TERMASUK DILUAR GEDUNG.
PERTIMBANGAN PENYUSUNAN LAY OUT
JARAK ANGKUT YG MINIMUM
ALIRAN YG BAIK (GOODS FLOW)
PENGGUNAAN RUANG YG EFEKTIF
FLEKSIBEL
KESELAMATAN TERHADAP BARANG-BARANG
KEMUNGKINAN EKSPANSI
BIAYA
TYPES OF LAY OUT
PROCESS LAY OUT: MESIN DAN PERALATAN YG MEMILIKI FUNGSI YG SAMA DIKELOMPOKKAN DISATU TEMPAT YG SAMA PULA, UTK PRODUK PESANAN
PRODUCT LAY OUT : MESIN DAN PERALATAN DISUSUN BERDASARKAN PADA URUTAN OPERASI PRODUKSI, UTK PRODUK TERUS MENERUS
CHARACTERISTICS OF LAYOUT
PROCESS LAY OUT: MESIN DAN PERALATAN YG MEMILIKI FUNGSI YG SAMA DIKELOMPOKKAN DISATU TEMPAT YG SAMA PULA, UTK PRODUK PESANAN
PRODUCT LAY OUT : MESIN DAN PERALATAN DISUSUN BERDASARKAN PADA URUTAN OPERASI PRODUKSI, UTK PRODUK TERUS MENERUS
PROCESS LAY OUT: EQUIPMENT OF THE SAME FUNCTIONAL TYPE IS GROUPED TOGETHER
PRODUCT OR LINE LAYOUT. MACHINES AND EQUIPMENT ARE ARRANGED ACCORDING TO THE SEQUENCE OF OPERATIONS REQUIRED TO FABRICATE AND ASSEMBLE. MACHINES AND WORKERS ARE SPECIALIZED IN THE PERFORMANCE OF SPECIFIC OPERATIONS, AND PARTS APPROACH CONTINUES MOVEMENT.
KEUNTUNGAN PROCESS LAY OUT
INVESTASI YG LB RENDAH UTK MESIN2
FLEXIBLE KRN GENERAL PURPOSE MACHINE
MANUFACTURING COST LB RENDAH
TDK MDH BERHENTI PRODUKSINYA
INCENTIVE MEMPERBAIKI HASILNYA
KELEMAHAN PROCESS LAY OUT
ROUTING, SCHEDULING AND COST ACCOUNTING RUMIT, SETIAP ORDER BARU MEMERLUKAN PERENCANAAN BARU
MATERIAL HANDLING & MATERIAL COSTNYA TINGGI, KRN TDK MENGGUNAKAN BAN BERJALAN
KRN VARIASI MANUFACTURING KOORDINASI N PENGAWASAN AGAK SULIT
KEUNTUNGAN PRODUCT LAY OUT
DPT DIGUNAKAN MESIN2 OTOMATIS
DPT DIGUNAKAN BAN BERJALAN
PENGAWASAN MESIN2 LB MDH
INSPEKSI YG DIPERLUKAN LB SEDIKIT
KBTH MATERIAL LB DPT DISCHEDULE LB TEPAT
KELEMAHAN PRODUCT LAY OUT
PEKERJAAN MDH TERHENTI, JIKA ADA MASALAH DI SATU TITIK
JIKA TERJADI PERUBAHAN, MEMERLUKAN BIAYA BESAR
RATE OF PRODUCT NYA FIXED
IRAMA PEKERJAANYA MONOTON
INVESTASI TINGGI
MATERIAL HANDLING
KEGIATAN MENGANGKAT, MENGANGKUT N MELETAKKAN BHN2/ BARANG2 DLM PROSES DIDLM PABRIK, MULAI DARI BHN BAKU SAMPAI BHN JADI
SAMPAI 50 % BIAYA PRODUKSI
KEGIATAN HANDLING= 60-80%
KEGIATAN:
MAKE READY, DO N PUT AWAY
FAKTOR PENYEBAB INEFISIENSI:
KELAMBATAN ALIRAN ATAU JALANYA BHN2
SERING DI HANDLE HSL2 PROSES TAMBAHAN M (BY PRODUCT)
WAKTU PEMINDAHAN BHN2 DARI SATU TMPT KETEMPT LAIN
BOROS DI BAG PEMELIHARAAN

0 komentar: