| |
PERSEPSI
Pengertian
1.Proses dimana individu mengatur dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka
2.Suatu proses memperhatikan dan menyeleksi,mengorganisasikan dan menafsirkan stimulus lingkungan.
Persepsi penting karena perilaku individu didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan.
Proses Persepsi
Stimulus Lingkungan - Perhatian dan seleksi -Pengorganisasian Stimulus - Penafsiran - Persepsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PERSEPSI (berdasarkan sudut pandang)
1. Faktor dari dalam diri pembentuk persepsi itu sendiri
-Sikap
-Kepribadian
-Motif
-Minat
Pengalaman masa lalu
Dan harapan-harapan seseorang
2. Faktor dari target atau obyek
-Sesuatu yang baru
-Gerakan
-Suara
-Ukuran
-Latar belakang
-Kedekatan
-Kemiripan
3. Faktor dalam situasi
Waktu
Keadaan kerja
Keadaan Sosial
PERSEPSI SESEORANG TERHADAP PENILAIAN TENTANG INDIVIDU LAIN
Persepsi seseorang adalah berbagai persepsi yang dibuat oleh individu tentang individu lainnya.
Teori Hubungan (attribution theory)
Usaha ketika individu-individu mengamati perilaku untuk menentukan apakah hal ini disebabkan secara internal atau eksternal
Internal =perilaku yang diyakini dipengaruhi oleh kendali pribadi seorang individu
Eksternal = perilaku yang disebabkan oleh akibat-akibat dari luar
Sebagian besar penentuan tersebut dipengaruhi oleh 3 faktor : 1.Kekhususan,2. Konsensus, 3. Konsistensi
Jalan Pintas yang sering digunakan dalam menilai individu lain :
1. Persepsi Selektif (selective perception)
2.Efek Halo (halo effect)
3.Efek-efek Kontras (contrast effects)
4.Proyeksi (projection)
5.Pembentukan Stereotip (stereotyping)
PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN
Penetapan Tujuan
 
Mengidentifikasi Permasalahan
  
Mengembangkan Berbagai Alternatif Solusi
 
Evaluasi dan Memilih Sebuah Alternatif
 
 
Melaksanakan Keputusan
 
 
Evaluasi dan Pengendalian dan Tindakan Koreksi
 
Pengulangan

Perubahan Organisasi
Pemicu Perubahan Organisasi
Pemicu Perubahan dari Lingkungan
Pengaruh PETS (Politik, Ekonomi, Teknologi dan Sosial)
Pemicu Perubahan dari Lingkungan Teknologi
Pemicu Perubahan dari Lingkungan Politik
Pemicu Perubahan dari Lingkungan Sosial Budaya
Pemicu Perubahan dari Lingkungan Ekonomi
Pemicu Perubahan Internal
Latar Belakang
Dalam lingkungan organisasi, semua akan berubah. Yang tak berubah hanyalah perubahan itu sendiri. Terjadi perubahan besar-besaran di dunia bisnis dari sektor komputer sampai jasa keuangan, dari sektor telekomunikasi sampai layanan kesehatan. Saat ini banyak organisasi sepakat bahwa kehidupan berorganisasi semakin menjadi tidak pasti, seiring dengan langkah perusahaan yang makin terpacu dan masa depan menjadi makin sulit diprediksi. Namun demikian semua sepakat perubahan semakin cepat terjadi.
Dunia bisnis sedang dan akan terus mengalami perubahan yang makin cepat, walau arah perubahan tidak mudah diprediksi. Alhasil para manager dan pembuat keputusan perlu lebih memahami kemana angin perusahaan bertiup, karena setiap waktu dapat menentukan hidup matinya perusahaan.
Jenis Perubahan
Jangka pendek
Mikro : perubahan tingkat perorangan – sikap
Makro : perubahan akibat revolusi ; internet – merubah penyebaran informasi
Intermediate : perubahan nilai dan norma ; kelompok melakukan perubahan pola kerja.
Jangka panjang
Mikro : perubahan perorangan ; dari sikap menjadi kebiasaan
Makro : penemuan baru ; jangka panjang – perubahan sosio cultural ; meningkatkan pengetahuan, perubahann taraf kesejahteraan
Intermediate : perubahan nilai/norma – menjadi menetap
Tahap – Tahap Perubahan Berencana :
Tahap Persiapan
Tahap Pelaksanaan Perubahan
Tahapan Pemantapan
Perubahan berencana merupakan usaha perubahan yang dilakukan suatu unsur pengubah (change agent).
Menurut Duncan ada 4 unsur pengubah :
1.The External Pressure Group
2.The Internal Pressure Group
3.The Organizational Development Consultant
The Internal Change Agent (konsultan dari dalam
Reaksi Terhadap Perubahan
Menyangkal bahwa perubahan sedang terjadi
Mengabaikan perubahan
Menolak perubahan
Menerima perubahan dan menyesuaikan diri
Mengantisipasi perubahan dan merencanakannya
Penolakan Perubahan
Ketidakpastian pengaruh perubahan
Merasa dirugikan
- Manfaat bagi organisasi – belum tentu bagi individu
- Mempertahan status
Kelemahan pengetahuan
Penanggulangan Penolakan
Pendidikan dan komunikasi
Partisipasi dan keterlibatan
Kemudahan dan dukungan
Negosiasi dan persetujuan
Manipulasi dan bekerja sama
Paksaan eksplisit dan implicit
Perubahan Efektif
Unfreezing : keadaan dimana orang akan menjadi siap sedia atau memperoleh atau mempelajari perilaku baru
Changing : orang mulai melakukan perobaan dengan perilaku baru
Refreezing : selama changing – perilaku baru menjadi bagian dari orang tersebut
Resistensi Individual
KEBIASAAN
RASA AMAN
FAKTOR EKONOMI
TAKUT AKAN SESUATU YANG TIDAK DIKETAHUI
PERSEPSI
Contoh-contoh perubahan yang berskala besar
Pemasangan sistem Enterprise Resource Planning
Menciptakan budaya baru yang berkinerja tinggi
Memfokuskan pada keunggulan operasi
Melakukan merjer, joint venture, dan aliansi
Memasang teknologi baru yang penting
Mengeksekusi perencanaan strategis dan juga melaksanakan business plan
Menjadi lebih fokus kepada pelanggan
Menjadi perusahaan global
Downsizing, outsourcing, dan pemecatan
Restrukturisasi dan desain ulang organisasi
Mengubah supply-chain management
Mengembangkan dan memasarkan produk baru yang penting
Mempunyai bisnis baru
Memacu lebih cepat kreativitas dan inovasi
Resistensi Organisasional
INERSIA STRUKTURAL
FOKUS PERUBAHAN BERDAMPAK LUAS
INERSIA KELOMPOK KERJA
ANCAMAN TERHADAP KEAKHLIAN
ANCAMAN TERHADAP HUBUNGAN KEKUASAAN YANG TELAH MAPAN
ANCAMAN TERHADAP ALOKASI SUMBERDAYA
Taktik Mengatasi Penolakan Atas
Perubahan
Pendidikan dan Komunikasi
Partisipasi
Memberikan kemudahan dan dukungan
Negosiasi
Manipulasi dan Kooptasi
Paksaan
Pendekatan dalam Manajemen Perubahan Organisasi
Unfreezing : Upaya-upaya untuk mengatasi tekanan-tekanan dari kelompok penentang dan pendukung perubahan. Status quo dicairkan, biasanya kondisi yang sekarang berlangsung (status quo) diguncang sehingga orang merasa kurang nyaman.
Movement : Secara bertahap (step by step) tapi pasti, perubahan dilakukan. Jumlah penentang perubahan berkurang dan jumlah pendukung bertambah. Untuk mencapainya, hasil-hasil perubahan harus segera dirasakan
Refreezing : Jika kondisi yang diinginkan telah tercapai, stabilkan melalui aturan-aturan baru, sistem kompensasi baru, dan cara pengelolaan organisasi yang baru lainnya. Jika berhasil maka jumlah penentang akan sangat berkurang, sedangkan jumlah pendudung makin bertambah.

0 komentar: