| |
TUGAS MATA KULIAH PERILAKU ORGANISASI
KOMUNIKASI INTERPERSONAL
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah inti semua hubungan sosial apabila orang telah mengadakan hubungan tetap, maka system komunikasi yang mereka lakukan akan menentukan apakah sistem tersebut mempererat atau mempersatukan mereka mengurangi ketegangan atau melenyapkan persengketaan apabila muncul.
Komunikasi adalah merupakan proses memberi dan menerima informasi sampai pada pemahaman makna, dikatakan berhasil apabila komunikator (sumber) menyampaikan pengertian kepada penerima.
PENTINGNYA KOMUNIKASI DILIHAT DARI BEBERAPA HAL
Menimbulkan rasa setia kawan, antara bawahan dengan atasan, sesama rekan maupun dengan unit kerja lainnya.
Meningkatkan kegairahan kerja
Pengendalian dan pengwasan menjadi lebih efektif
Meningkat moral dan sikap kerja
Memperjelas semua informasi didalam perusahaan
Meningkatkan rasa tanggung jawab.
Meningkatkan saling pengertian, saling menghargai dan saling membantu
Meningkatkan kreatifitas dan inovasi
Memudahkan dalam pengambilan keputusan
FUNGSI KOMUNIKASI
Mengendalikan perilaku anggota
Memperkuat motivasi karyawan
Merupakan sumber pertama untuk interaksi sosial bagi karyawan
Mempermudah dalam mengambil keputusan
PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara 2 orang atau lebih di dalam suatu kelompok manusia kecil dengan berbagai efek dan umpan balik (feed back ).
Komunikasi intrapersonal dapat diartikan sebagai penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Jadi dapat diartikan bahwa komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang membutuhkan pelaku atau personal lebih dari satu orang.
Komunikasi antarpribadi juga sangat penting bagi kebahagiaan hidup kita. Johnson (1981) menunjukkan beberapa peranan yang disumbangkan oleh komunikasi antarpribadi dalam rangka menciptakan kebahagiaan hidup manusia.
1.Komunikasi antarpribadi membentuk perkembangan intelektual dan sosial kita.
2.Identitas atau jati-diri kita terbentuk dalam dan lewat komunikasi dengan orang lain.
3.Dalam rangka memahami realitas di sekeliling kita serta menguji kebenaran kesan-kesan dan pengertian yang kita miliki tentang dunia di sekitar kita, kita perlu membandingkannya dengan kesan-kesan dan kepercayaan orang lain tentang realitas yang sama
4.Kesehatan mental kita sebagian besar juga ditentukan oleh kualitas komunikasi atau hubungan kita dengan orang lain, lebih-lebih orang yang merupakan tokoh-tokoh signifikan (significant figures) dalam hidup kita.
FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Adapun fungsi dari komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi adalah:
1. Mengenal diri sendiri dan orang lain.
2. Komunikasi antar pribadi memungkinkan kita untuk mengetahui lingkungan kita secara baik.
3. Menciptakan dan memelihara hubungan baik antar personal.
4. Mengubah sikap dan perilaku.
5. Bermain dan mencari hiburan dengan berbagi kesenangan pribadi.
6. Membantu orang lain dalam menyelesaikan persoalan
METODE DASAR DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
1. Komunikasi Lisan : pidato, percakapan 2 orang, diskusi kelompok, sas-sus informal.
keuntungan : kecepatan dan umpan balik.
kerugian : semakin banyak orang semakin terdistorsi
2. Komunikasi Tertulis : memo, surat, email pengiriman fax, pengumuman di papan pengumuman dsb.
keuntungan : pengirim maupun penerima memiliki catatan shg tidak terdistorsi
Kerugian : memakan waktu lama dan tidak ada umpan balik
3. Komunikasi Nonverbal : gerakan tubuh, intonasi, takanan pada kata-kata, ekspresi wajah, jarak fisik, dsb.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Adapun faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal adalah
1. Percaya (trust), Bila seseorang punya perasaan bahwa dirinya tidak akan dirugikan, tidak akan dikhianati, maka orang itu pasti akan lebih mudah membuka dirinya.
2.Perilaku sportif akan meningkatkan kualitas komunikasi.
3. Sikap terbuka, kemampuan menilai secara obyektif, kemampuan membedakan dengan mudah, kemampuan melihat nuansa, orientasi ke isi, pencarian informasi dari berbagai sumber, kesediaan mengubah keyakinannya, profesional dll.
PERMASALAHAN YANG TIMBUL
Permasalahan yang timbul selama komunikasi berlangsung adalah perbedaan persepsi, komunikasi non verbal, dan perbedaan gaya antar pribadi dari person-person yang berkomunikasi.
1.Persepsi : proses dalam diri seseorang untuk member arti kepada lingkungannya, persepsi merupakan upaya menyusun dan menafsirkan berbagai stimulus ke dalam pengalaman psikologis.
2. Komunikasi non verbal : pesan yang dihantar lewat gerakan tubuh, intonasi atau tekanan kepada kata-kata, air muka, dan jarak fisik antara pengirim dan penerima. Untuk itu perlu kinesika.
3. Kinesika : studi untuk merujuk pada gerak tubuh.
4. Gaya antar pribadi : cara seseorang berhubungan dengan orang lain diacu sebagai gaya antar pribadi
HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Beberapa hambatan bagi komunikasi yang efektif yaitu:
1.Kerangka acuan
2.Menyimak selektif
3.Kata putus nilai
4.Kredibilitas sumber
5.Masalah semantik
6.Penyaringan
7.Bahasa kelompok
8.Peredaan status
9.Tekanan waktu
10.Beban layak komunikasi
CARA-CARA MEMPERBAIKI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Manajer merupakan seorang komunikator, untuk menjadi komunikator yang baik manajer mempunyai tugas yaitu meningkatkan pesan (informasi yang ingin mereka sampaikan) dan meningkatkan pemahaman mereka sendiri tentang apa yang ingin dikomunikasikan orang lain kepada mereka (berusaha untuk tidak hanya memahami, tetapi juga dipahami).
KESIMPULAN
Dari uraian di atas, komunikasi sangat besar kaitannya dengan organisasi. Tanpa komunikasi yang jelas dan terarah, suatu organisasi tidak akan mampu melakukan kegiatannya. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Komunikasi dapat didefinisikan sebagai proses memberi dan menerima informasi sampai pada pemahaman makna, dan dikatakan berhasil apabila komunikator menyampaikan pengertian kepada penerima. Berkomunikasi merupakan keharusan bagi manusia. Manusia membutuhkan dan senantiasa berusaha membuka serta menjalin komunikasi atau hubungan dengan sesamanya.
Sedangkan komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang mengalir diantara para individu secara langsung di dalam kelompok dan merupakan pengaruh penting atas perilaku antarpribadi. Fungsi global dari komunikasi antarpribadi adalah menyampaikan pesan yang feedbacknya diperoleh ketika proses komunikasi tersebut berlangsung

1 komentar:

Aku mengatakan...

maaf, ini referensinya dari mana ya????