AZAS AZAS MANAJEMEN

| |

iki sing jenenge F.W taylor(kiri)karo elton mayo(kanan)=bapak manajemen dunia..!!!


manajemen
artikel ini didedikasikan buat maz gilang gumilang yang paling tampan se administrasi bisnis UNDIP


pengertian
>>definisi manajement yang sring dipakai:
"manajemen is getting things done trough other people"
manajemen adalah mendapatkan ssuatu melalui kerja orang lain.
ditambah "apabila ia memilki rasa tanggung jawab untuk melaksanakanya sebagai sorang pemimoin

alasan mengapa manajemen dibutuhkan
1.untuk mencapai tujuan
2.untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan tujuan yang saling bertentangan
3.untuk mencapai efisiensi

menurut peter drucker
-efektivitas : melakukan pekerjaan yang benar
-effisiensi: melakukan pekerjaan denngan benar


manajemen adalah sesuatu yang ilmiah yang pendekatanya bersifat intyerdisipliner (teori2 dan teknik berbagai ilmu pengetahuan harus di gunakan dalam manajemen

contoh
-pengalaman
->mencegah manajer untuk tidak perlu melakukan trial n error didalam merealisasikan keputusanya
2pengetahuan psikologi
untuk menyeleksi orang2 untuk mengisi posisi dibawahanya
membantu dalam fase pembimbingan pekerjaan
3 sosiologi
hubungan dalam kelompok
4matematika
perencanaan pengawasan


definisi manajemen
1.marry poker follet
>>manajemen sebagai seni dalam menyeklesaikan pekerjaan melalui kerja orang lain
2.james A.F stoner
>>manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian ,pengarahan ,dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi lainya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan
3.drs malayu SP hasibuan
>>manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber2 lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu


fungsi2 manajemen
1.perencanaan
-menetapkan tujuan standar
-penentuan aturan prosedur pembuatan rencana
-peramalan apa yang terjadi.
2.pengorgansasian
-pemberian tugas terpisah
-membentuk bagian2
-menetapakan jalur wewenang dan komunikasi
-mendlgasikan wewenang kebawahan
-mengkoordinasikan kerja bawahan
3. pengadaan staff
-penentuan jenis organisasi yang tepat
-menarik calon karaywan
-memilih karyawan
-menentukan standar kerja
-menilai hasil kerja
-melatih dan mengembangkan
4.pengarahan
-memberi pengarahan dari hari ke hari
-menlong memperbIKI KETRAMPILAN
5.pengawasan
-persiapan standar
- melakukan monitoring
-elakukan evaluasi
melakukan tindakan koreksi

6.pembaharuan *( inovasi)
-mengemukakan ide2 baru
-mengkombinasikan ide2 lama dan baru
-mengambil ide dari lapangan orang lain
- bertindak sebagai katalisastor dan stimulator
7.perwakilan (representasi)
-mewakili organisasinya dalam hubunganya dengan kelompok luar,pegawai pemerintah ,serikat kerja,lembaga2 lainya,dll


>>sejarah dan permulaan pengembangan manajemen ilmiah<<
1.praktek manajemen telah da sejak jaman kuno.
contoh:
-raja sulaiman membangun kenisah yahwe pada abad ke 10 SM
-raja firaun -piramid mesir
-orang yunani membangun perthenon 250 th yang lalu
-terusan panama dibangun tahun 1914
-AS mendaratkan orang di bulan th 1969

persamaan unsur2:
- ada sasaran utama dan sasaranpenggati
- ada prosedur untuk pelaksanaanya
- SDMdan materi di organisasikan
- ada pengarahan kepada para pekerja
- usaha tentang waktu dan tempat di koordinasikan
- ada pengendalian
- ada manajemen otoriter berlangsung s/d abad ke 19 revolusi indusri ( beralihnya ke duyna perindustrian)

2.akhir abad ke 19 muncul bentuk baru kepemilikan yaitu perseroan terbatas

3.akhir abad ke 19 sistem kapitalisme tumbuh dengan sangat cepat


tujuan pengembangan manajemen ilmiah

para pelopor manajemen yang berkeinginsan untuk menimbulkan terjadinya "effisiensi " didalam kehidupan terutama dalam organisasi

perkembangan /permulaan manajemen ilmiah

dimulai permulaan abad 20
pelopor
1.F.W Taylor
-philadelphia USA abad 20 th 1870
-bapak manajemen ilmiah
-seorang mandor pd industri mesin keuangan ajaranya "shop manajement"
-wALAUPUN PEKERJA BEKERJA LEBIH KERAS ,TIDAK MENDAPAT KENAIKAN UPAH.

LANGKAH2 TAYLOR

menempatkan pekerja2 yang lebih pandai dan rajin utk memberi contoh kd mereka

sistem taylor
kesulitan
-berapa banyak pekerjaan yang sebenarnya dapat diharakan dari seorang pekerja
-taylor membuat suatu rangkaian studi gerak yang dilakukan daklam berbafai kegiatan dihubungkan denfgan waktu yang diperlukan untuk ekerjaan tersebut. (time and motion study)

sistem penggajian
differential piece work
-para pekerja yang mampu berproduksi tinggi akan menerima gupah yang tinggi,sedangkan yang tidak dapat memenuhi ukuran standar menerima upah yag sangat rendah.
-menimbulkan banyak kericuhan


2. Henry laurence gant

-yang memperbaioki sistem taylor
-pemberian upah dengan task n bonus plan, yaitu permulaan perlunya bonus dan insentif di bidang perindustrian
-temuan lainya yaitu gantt chart yang menggambarkan tingkat kemajuan pekerjaan dilihat dari waktu yang direncanakan

3.Frank n Lilian gilbreth
-memulai pekerjaan sebagai anak magang pada buah perusahaan batu bata
-gilberth ingin membuat cara yang cepat dalam pembuatan batu bata
-caranya : dengan memperkecil jumlah gerakan dalam posisi yang menyenagkan
sistemnya dikenal dengan nama "kerja cepat/kerja kilat
ada 17 elemen dasar dari gerak2 di dalam pekerjaan disebut -> therblig
-menemukan bagan arus pekerjaan (the flow proces chart)
-istrinya lilian gilberth ,mengkhususkan pada human relation

4. berthrand thompson

-th 1950 seorang dosen manajemen harvard university menggunakan lonceng besar dengan tanda yang membagi menit2 secara jelas sebagai dasr untuk menhitung serta mempelajari gerak dan aktu yang diperlukan dalam kegiatan pekerjaan.
EXEPTION PINCIPLE
-mengkonsentrasikan pada kasus2 yang khususnya baik dan khususnya jelek dengan tujuan perbaikan.

6.elton mayo dan aliran human relation

th 1920
-seorang guru besr harvard university
-mengadakan penelitian ->pengaruh kelelahan pada produktivitas kerja dan kemungkinan akibat adanya istirahat guna menaikan output kerja

jlanya penelitian
-percobaan di hawthrone -> pada perakitan telephon relay
-para pekerja dipecah dalam kelompok (tiap kelompok 100 orang),dan dpembayaran ekstra tgt pd kerja kelomok.
-ada 5 orang untuk percobaan
-para peneliti percaya bahwa setiap perubahan penjadwalan wkktu kerja dapat mempengaruhi hasil out put kerja


hasil penelitian

-meneliti pengaruh kondisi penerangan terhadap produktovitas (hasil naik trus) -> meskipun penerangan diganti
-meneliti perubahan kondisi ruang ,yaitu ruang diubah2 secara periodik pd salah satu ruang
-sejumlah variabel di coba misal, upah dinaikan dsb
-hasilnya sama2 meningkat meskipun ruang yang lain tidak dirubah
-uang bukanlah penyebab kenaikan produktivitas
-mayo mengkritik bahwa manajemen itu harus selalu logis sebab menurutnya pekrja2 pd umumnya dikuasai oleh emosinya,dan yang diperlukan adalah perlunya pekerja memilki sense of belonging


siapa yang benar taylor atau mayo

taylor melihat manusia dlm pekerjaanya sbg manusia ekonomi
-teori taylor lebih memeprhatikan kenaikan produktivitas para pekerja melalui perbaikan insentif yang berupa kenaikan gaji

elton mayo
-sesuai profesinya sbg seorang psikolog lebih melihat pekerja dr sudut kejiwaaanya
-mayo lebih menitk beratkan produktivitas sebagai akibat adanya rasa kebersamaan serta ras memiliki didalam kelompok dari setiap anggota kelompok kerja
-manusia mempunyai motivasi kebersamaan
-teori taylor dan mayo adalah teori yangbukanya tidak benar ,walaupun masih banyak kekuranganya namun esuai dengan kondisi waktu tersebut, pandangan ke2 tokoh tersebut perlu kita hargai,terutama sebagai rangsangan bagi ahli manajemen yang lain untuk menyempurnakan teori2 yng telah ada
-terlalu sederhana untukmenyimpulkan mana yang benar dr kedua panangan tersebut
-yang paling mungkin adalah bahwa yg dikemukakan ke2 tokoh tersebut pd prinsipny masih berdasarakan kacamata nasing masing

inti temuan mayo
-pentingnya inserntif non finansial diperhatikan oleh manajer

fikiran fayol
-manajer perlu pengetahuan tentang prinsip2 manajemen
-makin tinggi kedudukan manajer ,makin brekurang pengetahuan tekhnisnya ,sebaliknya makin bertmbah besar adm
-bagaimanaun dlm bid tertentu pengetahuan tekhnis tetap diperlukan
-fungsi manajemen menurut fayol
> to plan
> to organize
> to command
> to coordinate
> to controll

prinsip2 fayol (14 prinsip)
1.authority &responsibility
pembagian wewenang dan tanggung jawab yang berimbang antara atasan dan bawahan
2.divion of work
perlu diadakan pembagian kerja berdasarkan spesialisasi
3.dicipline
perlu adanyaketaatan padaperaturan2 yang berlaku
4,unity of command
adanya kesatuan komando
5.unity of direction
kesatuan gerak dan arah ketujuan yang sama.
6.subordination on individual interest to general interest
kepentingan bersama lebih penting daripad kepentingan pribadi/golongan
7.renumeration of personil
pemberian upah harus adil dan brimbang sesuai dengan kebutuhan,sehingga memberikan kepuasan yang maksimal
8.centalization
organisasi harus mempunyai pusat wewenang
9.bankplank
hubungan informal/formal dengan prosedur khusus
10.order ketertiban dan keteraturan dalam penempatan benda atau yang bukan benda
11.equity
rasa keadilan dan kebaikan hati pimpinan terhadap bawahan
12.stability of tenure of personil
hindari mutasi jabatan atau pertukaran pekerjaan yang terlalu sering
13.initiatius
memberikan kesempatan kepada bawahan untuk berinisiatif
14.esprit decorps/semangat corps
loyalitas kelompok harus dibina melalui sistem komunikasi yang baik,sehingga terwujud kekompakan kerja(team work)


pokok2 perbandingan manajemen taylor dan fayol
1.taylor
-shop maanjemen/operative manajemen
-producted oriented
-penganju organisasi funsional
-belum mengemukakan ajaranya

2.fayol
-top manajemen/administrasi manajemen
-human oriented
-penganjur organisasi lini
-sudah mengemukakan ajaranya


organisasi funsional

-memisahkan faktor perencanaan dan faktor pelaksanaan
-mengutamakan tentang kejuruan/spesialisasi pada tingkat pelaksana

orrganisasi lini
>> pemusatan wewenag pada berbagai tangga (kepemimpinan) organisasi sehingga,berbagai fungsiberpusat pada tangan2 pimpinan tertentu.
-memisahkan kegiatan pimpinan dan kegiatan tekhnis
-menentukan persyaratan tertentu (generalis,serba bisa,pengetahuan luas)bagi pimpinan dan spesialis da berpengetahuan kejuruan bagi pekerja tekhis.



PERENCANAAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN


Perencanaan disebut menentukan karena didalamnya memuat :
-apa yag diinginkan dan dicapai organisasi
-langkah2 apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan

perencanaan manahjemen
manajer dan funsi perencanaan

-menentukan apa yg ingin dikerjakan
-menentukan tujuan organisasinya
-alat apa yang digunakan untuk mencapai tujuan
tindaan manajer tersebut semuanya dalam ranka menjlanka funsi perencanaaan

fungsi peencanaan
-funsi terpenting
-dasar untuk menentukan fungsi2 maajemen berikutnya
-landasan pokk bagi semua fungsi manajemen lainya
-poloa dasar bagi tinakan dalam oerganisasi
-tuntunan tentang effisiesi dan effektivitas kerja

perencanaan mencakup :

a.kepuasan tentang waktu YAD
b. apa yng dilakukan
c.bilamana dilakukan
d.siapa meakukan

kegiatan perencanaan
dimaksudkan :

-utk memperoleh ssuatu dalam ewaktu YAD dengan usaha/cara yang seefisien dan seefektif mungkin untuk mencaainya
-adalah suatu keputusan tentang apa yang akan diharapkan dalam waktu YAD
perencanaan adalah suatu proses dengan 2 sifat
-pesimis: berdasarkan atas kepercyaan bahwa apa yang diinginkan tidak akan terjadi
-optimis: berdasarkan atas kepercayaan baha apa yang diingnkan akan terlaksana

G.R Terry
-perencanaan adl tindakan pemilihn fakta dan usaha.menghubungkanya berdasarkan asumsi2 yangdibuat untuk masa YAD,menggambarkan serta memformuasikan aktifitas2 yang di usulkan yan dianggap perlu untuk mencapai hasil yang diinginkan

Garth.N.John
-perencanaan adalah proses pemilihan dan proses pengembangan dari tindakan yang paling baik/menguntungkan untuk mencapai tujuan

ML.Farland
-perencanaan adalh fungsi pimpinan yang memungkinkan penggunaan pengaruh dari kewenanganya,yang dapat mengubah kegiatan dan tujuan organisasi

WH. newman
-perencanaan adalah keputusan apa yang akan dikerjakan untuk masa YAD,yaitu suatu rencana yang diproyeksikan dalam suatu tindakan









karakteristik perencanaan
a.identifikasi personal dan organizational
b.dikaitkan dengan kondisi yangrelatif
c.bersifat intelektual
d.menyangkut hal2 masa depan
e.bersifat menembus dan berkesinambungan

kelebihan :
-perencanaan mendorong kegiatan2 dilakukan teratur dan tujuanya tertentu
-pekerjaan yang tidak produktif diperkecil /dihilangkan
c.sebagai alat pengukur hasil yang dicapai standar
-landasan pkok bgi fungsi pengawasan

kelemahan
-mempunyai keterbatasan
-memerluka biaya banyak
-ada hambatan psikologis
-menyumbat/menghambat timbulnya inisiatif
-mennghambat tindaka darurat yang perlu diambil

premis adalah aumsi yang mlatarbelakangi dan mempengaruhi perencanaan
ramalan erencanaan:

-ramalan ekonomi
-ramalan teknologi
-faktor sosial
-pengawasan pm,erintah
-tindakan fiskal
-permintaan data/hasil produksi
-sikap da tingkah laku konsumen

kesulitan menggunakan premis2 perencanaan :
-premis apa yang hendak digunakan
-bagaimana mengevaluasi daya dukung/bantuan yang berkaitan dengan penggunaaan premis2 tersebut

premis berdasarka hasil analisa data,informasi dan fakta


langkah2 perencanaan
1.menjelaskan dan merumuskan masalah/usaha/tujuan yang aka direncanakan
2.mengumpulka data,informasi dan fakta yang di perlukan
3. menganalisis dan mengklsifikasi informasi serta hubungan2nya
menetapakan perencanaan premis hambatan2 srta hal2 yang mendorong
5.menentukan beberapa alternatif
6.memilih keputusan yang terbaik dari alternatif2 yang ada
7.tetapkan urutan2 dan penetapa waktu secara terperinci bagi rencana yang i usulkan
8.laksanakan pengeceka tentan kemajuan rencana yang diusulkan.

perencanaan membutuhka
-fakta(masa kini)
-data (masa lalu)
-asumsi (masa YAD)


klasifikasi perncanaan manajemen
1obyektif (sasran)

-yaitu tujuan yng diingnkan yang meukiskan sope yang jelas
-dilakukan oleh top manajer
2.policy (kebijaksanaan)
-yaitu pedoman yang memberikan bimbingan berpikir dalam menentukan keputusanmengenai sumber2 yang diperlukan

tingkat2 kebijaksanaan
-basic policy
a.M.puncak
b.membimbing
-general policy
a.M madya
b.sifat admninistratif
-departemental Policy
a.M lini pertama
b.sifat operatif

3.prosedure
-menggambarkan urutan2 yang bersifat kronologis
4.method
-prosedur merupakan serangkaian metode
-merupakan petunjuk untuk tindakan
5.standart
-suatu nilai yang dipakai sebagai dasar rujukan
6.budget
-menggambarkan penerimaan dan pengeluaran
7.program
-rencana yang sudah konkret
8.teknologi atau cara2
-rencana yang menggambrkan pemilihan berbagai faktor,misal:waktu,biaya

BASIC QUESTION OF PLANNING (5W+1H)
1.what->apa yg ingin dicapai,tindakan2 apa yang harus dilakukan
2.why->
-mengapa hal itu menjadi sasran
-mengapa tujuan itu harus dicapai
3.where->pemilihan tempat pekerejaan
4.when-> kapan akan dilakukan,jadi penetuan saat dimulai
5.who->pemilihan dan penemoatan pegawai
6.how->
-bagaimana cara mengrjakanya
-memerlukan teknis2 pengerjaan

ancangan dalam perencanaan
1.top downplanning
-rencana yang disusun pada tingkat atas KMD diserahkan pada tngkat bawah ( cabangng)
2.bottom up planning
-rencana disusu terlebih dahulu pada tingkat bawah (cabang),kemudian berdasarkan hasil itu ditetapkan apa yang akan direncanaka dipusat

jangka waktu perencanaan
1. R.janka panjang -> > 5th
2.R jangka meengah-> 2-5th
3. R jangka pendek-> 1-2th
-untk menetukan waktu rencana harus kita kaitkan dengan kondisi usaha yang direncanakan
-yang harus diperhatikan :rencana jangka pendekharus beringtegrasi dg rencana jengka menengah,emikian juga rencana jangka menengah harus ikaitkan dengan rencana jangka panjang

segi penggunaan
-single use plan
-repeated plan

planner
semua manajer melaksankan perencanaan dan menjadi perencana
-makin tinggi posisi manajer,makin luas bidang rencana yang disusunya

A.manajr melaksanaka sendiri perencanaan
kebaikan
-waktu singkat dalam meghasilka rencana
-biaya kecil
-rencana praktis da flexibel
-manajer dekat dengan problem yang bersangkutan

keburukan
-waktunya habis untuk perencanaan,sehingga fungsi yang lainya sedikitr waktunya
-rencana kurang baik karena tidak mendapatkan masukan dari bawahan
-manajemen artisipasi tidak dimanfaatkan

B.manajer melaksanakan,tetapi disesuaikan dengan usul bawahan ->rencana disusun manajer penyusunanya didasarkan atas informasi ,usul/saran dari bawaha

kebaikan:
-partisipasi bawaha dimanfaatkan
-mendorng bawahan untuk berinisiatif
-partispasi bawahan dalam pelaksanaan baik
-bawahan merasa bergairah,karena dihargai
-rencana relatif baik karena mendapat masukan bawahan

keburukan
-waktu dan biaya perencanaan relatif lama dan besar
-rahasia kurang terjamin

C.manajer mnentukan bagan, bawahan yang menyusun rencana detailnya


kebaikan
-mendorong para bawahan untuk brinisiatif
-penerimaan rencana oleh bawahan baik
-realisasi rencana lebih mudah
-memanfaatkan partisipasi,keahlian dan ketrampila bawahan
-waktu manajer untuk hala2 lain lebih banyak.

keburukan
-waktu dan biaya lebih besar
-manajer tersingkir dari fungsi planning,bisamegurangi kewibawaan
-keadaan umum perusahaan kurang dipahami

D.bawahan merencanakan dan yang memutuskan manajer

kebaikan
-meringankan tugas manajer dalam planning
-pmbinaan dan pengembangan bawahan lebih baik
-bawahan berpartisipasi penuh

keburukan
-ada resiko bahwa rencana kurang mantab dan kurang sesuai
-kesertaan manajer dan pentingnya peraan pribadinya berkurang

E. joint participation
manajer menyerahkan perencanaan secara menyeluruh kepada bawahan,dilakukan dengan cara :
-mengadakan konsultasi,emua mengambil bagian dalam perncaaan
-manajer menugaskan suatu komite dalam perencanaan
-manajer menggunakan tim2 khusus



ACTUATING

-plannig maupun organaizingtidak akan bisa bergerak atau jalan dengan baik tanpa adanyafungsi actuating
-aktuasi merupakan gerak pelaksanaan darikegiatan2 yang berupa fungsi perencanaan dan pengorganisasian

actuating =directing(pembimbingan)
=motivating
=influencing

"putting/moving into action"

penekanan aktuasi adalah penciptaan kerjasama antara anggota kelompok serta pada pengarahan semangat kerja,tekad dan kemampuan keseluruh anggota untuk tujuan bersama

merupakan aktifitas pemimpin dalam hal:
-penugasan
-pegarahan
-pemberian perintah
-pemberian petunjuk
-pembinaan
gerak pelaksanaan yang diarahkan untuk mewujudkan tujuan organisasi

aktivitas yang mendorong orang2 yang tergabung dalam usaha kerjasama organisasi itu aantara lain dengan memberikan perintah,petunjuk keada mereka serta usaha2 lain yang ditujukan untuk mempengaruhi dan menetapkan arah bagi tindakan meeka yang harus dilakukan

actuating:usaha untuk menjalankan keseluruhan anggota untuk ikut bertekad dan berupaya dalam rangka mewujudkan tujuan kelompok
G.R Terry:menyuruh semua anggota group/team supaya mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan rencana yang teratur


ruang lingkup pelaksanaan fungsi aktuasi berpusat pada pengelolalaan SDM

-tujuan dari aktuasi adalah untuk menciptakan kerjasama yang lebih efisien,berkembangnyakemampuan dan ketrampilan anggota serta timbulnya perasaan untuk menyukai pekerjan
-semua itu ditentukan manajer
-manaje harus menunjukan baik dalam tingkah laku maupun melalui keputusan2nya bahwa ia memberi perhatian yang besar kepada para anggotanya

selain perhatikan kepentinganh anggota,manajr harus mampu
-menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan para anggota
-menciptakan dan memilihara suasana serta lingkungan kerja yang memuaskan
-menyadarkan para anggota akan pentingnya peranan mereka dalam mencapai tujuan organisasi


syarat2 dalam pembimbingan kepada bawahan
-understanding the environtment of defcision
-interpretation of authority relationship
-interpretation of policies,prosedures and programs
-facilitating coordination

beberapa tekhnik pembimbingan

1.consultative technique
mendorong baahan untuk ikut serta,ikut ambil bagian dalam menentukan perencanaan,misalnya dengan mengadakan pertemuan resmi/tidak resmi.

democratic behavior,sistem manajemen terbuka opened system management,sistem manajemen yang demokratis,manajemen yang mengikutsertakan bawahan,participation methods of management.peranan bawahan bagi berhasilnya proses manajemen benar-benar diakui da dilaksanakan dg sepenuhnya

2.autocratic technique
para bawahan mendapat sedikit kebebasan tetapi tetap tunduk pada satu perintah

3.freereign technique
memberi kemerdekaan kepada para bawahan dan memberi kesempatan pada mereka untuk menjalankan fungsi2 yang ditugaskan kepada mereka,jadi untuk melaksanakan tugas mereka diberi kekuasaan/otonomi yang seluasa2nya,tetapi tetap diberi bimbingan agar mereka tidak berbuat kekeliruan/kesalahan



teory abraham maslow tentang motivasi
1.kebutuhan fisiologis(physiological needs)
kebutuhan homostatis atau biologis adalah kebutuhan untuk hidup sebagai makhluk biologis:lapa,haus,seks,gerak,leleah,kepanasan dsb.merupakan kebutuhan primer .sebelum kebutuhan ini terpenuhi sulit mengajak orang mengerjakan sesuatu yang memerlukan dorongan berdasarka kebutuhan yang lebih tinggi

ciri2 kebutuhan ini:
-kebutuha ini satu sama lain tidak begitu tergantung,walau sma2 terdapat dan berasal dari tubuh
-tempat kebutuhan itu terdapat dalam tubuh,lapar diperut,haus ditenggorokan/mulut,oksigeng di pernafasan atau paru2
-cara memenuhinya berlangsung berkali-kali,makan 3X sehari,minum beberapa kali sehari
-masyarakat yang makmur kebutuhan ni tidak dapat dipakai untuk merangsang

2.kebutuhan akan keamanan dan kepastian nasib(safety and security needs) mulai
berbicara bilamana kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi,org cari kepastian hidup,keamanan,ekonomi,mulai menghendakiperkerjaan dan keadaan rutin dan tidak banyak berubah menurut norma2 tata kesopaan serta peraturan yang jelas dan tegas,menuntut kebebasan tidak tergantung orang lain

3.kebutuhan sosial (social needs)
-kebutuhan sosial,simpati,perkawanan,pengakuan sebagai anggota kelompok dsb.tiap orang ingin menjadi anggota dari suatu golongan/kelompok dimana ia mendapat pengakuan sebagai orang berarti,sbg sahabat,sebagai orang terhormat
-banyak manajer kurang memahami kebutuha ini,sehinga memandang timbulnya golongan2 atau grup2 sebagai suatu bahaya bagi suatu organisasi dan kadang2 bertindak keras utk menghancurkan golongan informal tersebut
-padahal sebetulnyatimbulnya grup ini merupakan proses alamiah yang harus dikembangkan kearah yang positif bagi kemajuan organisasi

4.kebutuhan status da penghargaan (esteem needs)
keinginan untuk hidup bebas,tidak tergantung orang lain atau kekangan orang lain,keinginan untuk percaya pad kemampuan sendiri
-kebutuhan status,kehormatan,pengakuan oleh lingkungan,gengsi,sukses ,edudukan tinggi,keahlian dsb adalah sifat manusiawi
-manajer yang andai dalam membimbing aspirasi bawahanya yang positif bagi pengembangan organisasi akan dapat peroleh tim kerja yang handal

5.kebutuhan aktualisasi diri (self actualitation needs)
-kebutuhan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan bakatnya
-tiap orang ingin berprakarsa,ingin punya ide atau konsepsi diri mengenai suatu masalah atau pekerjaaan dan ingin diberi kesempatan oleh atasanya untuk melaksanakanya sendiri,kembangkan potensinya kembangkan dirinya menjadi kreatif
kebutuhan 1-5 merupakan kebutuhan manusia yang harus diperhatikan oleh manajer sebagai pemimpin dalam rangka memotivasi


herzberg's two factors motivtion theory
moyivasi ideal:peluang untuk melaksanakan tugasa yang lebih membutuhkan keahlian dan peluang untuk kembangka kemampuan

orang dalam melaksanakan pekerjaan dipengaruhi oleh dua faktor yang merupakan kebutuhan :
-maintenance factors
-motivation factors

A.Maintenance factors
-faktorpemeliharaan yang berhubungan dengan hakikat manusia yang ingin memperoleh ketentraman badaniah
-kebutuhan kesehatan ini mrupakan kebutuhan yang berlangsung terus-menerus,karena akan kembali pada titik nol apabila dipenuhi
-orang lapar akan makan,kemudian lapar lagi,makan lagi
-faktor pemeliharaan ini meliputi gaji,kondisi gejala fisik,kepastian pekerjaan,supervisi yang menyenagkan,mobil dinas,rumah dinas dsb.

B.Motivation Factors-faktor motivator yang menyangkut kebutuhan psikologis seserng yaitu perasaan sempurna dalam melaksanakan pekerjaan
-faktor motivsi ini berubungan dengan penghargaan secara pribadi yang secara langsung berkaitan denga pekerjaan,misal:kursi yang empuk,ruangan yang nyaman,penempatan yang tepat dsb.


konsep higiene juga disebut teori dua faktor :
a.isi (content=satisfiers)pekerjaan

-presentasi (achevement)
-pegkuan (recognition)
-pekerjan itu sendiri(the work itself)
-tanggug jawab (responsibility)
-pengembangan potensi individu (advancement)
b.faktor higienis (demotivasi=dissatisfier)
-gaji dan upah (wages and salaries)
-kondisi kerja (working condition)
-kebijakan dan administrasi perusahaan(company policy administration)
-hubungan antar pribadi(interpersonal relation)
-KUALITAS SUPERVISI(quality of supervision)


McClelland's achievment motivation theory
karyawan mempunyai cadangan energi potensial.bagimana energi ini dilepaskan dan digunakan tergantung pada kekuatan doronga motivasi seseorang dan situasi serta peluang yang tersedia


ada3 kebutuhan manusia yang dapat memotivasi gairah bekerja:

1.kebutuhan prestasi (need for achievment)
daya penggerak yang memotivasi semangat kerja seaeorang.mendorong sseorang untuk mengembangkan kreativitas dan mengerahkan semua kemampuan dan energi yang dimilkinya untuk mencapai prestasi kerja yang optimal

2.kebutuhan afiliasi (need for affiliation)
setiap otang menginginkan :
-perasaan diterima oleh orang lain di lingkungan ia hidup dan bekerja(sense of belonging)
-perasaa dihormati,karena setiap manusia merasa dirinya penting (sense of importance)
-perasaan maju dan tidak gagal (sense of achievement)
-perasaan ikut serta(sense of participation)


3.kebutuhan kekuasaan (need for power)
merangsangsang dan memotivasi gairah kerja seseorang serta megarahkan semua kemampuan demi mencapai kekuasan atau kedudukan yang terbaik dalam organisasi.ego manusia ingin lebih berkuasa dari manusia lainya,timbul persaingan

kenapa motivasi harus dilakukan pimpinan terhadap bawahanya
-pimpinan membagi2 pekerjaan kpd bawahan agar dikejakan dengan baik
-ada bawahan yangmampu bekerja tapi ia malas atau kurang brgairah
-memelihara dan meningkatkan kegairahan kerja bawahan dalam menyelesaikan tugas
-memberi penghargaan dan kepuasa kerja kepada bawahan.


@@@@
PENGWASAN (CONTROLLING) SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN

PENGAWASAN ITU:
1.menentukan apakah terjadi kemajuan dalam tercapainya suatu tujuan sesuai dengan apa yang direncanakan
2.memeberikan informasi yang cepat untuk selanjutnya dapat diambil langkah2 perbaikan agar tidak menyimpang dari rencana
3.diperlukan dalam rangkan menjamin terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan suatu organisasi sesuai dengan apa yang direncanakan
4.diperlukan terutama untuk menjawab pertanyaan apakah kegiatan yang sedang berjalan dalam organisasi sudah sesuai dengan tujuan yang diinginkan

definisi pengawasan:
>>pengawasan adalah usaha menentukan apa yang sedang dilaksanakan dengan cara menilai/prestasi yang dicapai dan kalau terdapat penyimpangan dari standar,maka segera diusahakan perbaikan,sehingga sesuai dengan rencana.

pengawasan dilakukan pada semua tingkat manajemen
-pada manajemen tingkat atas (pucu pimpinan)pengawasan dilakukan terhadap seluruh bagian unit perusahaan
-pada manajemen tingkat menengah dan bawah pengawasan dilakukan pada unit pimpinanya masing2


pengawasan dan proses manajemen:
>>fungsi pengawasan tidak lepas dari fungsi manajemen lainya(perencanaan,pengorganisasian,dan aktuasi).kalau fungsi2 manajemen berjalan baik maka pengawasan kurang diperlukan.karena jarang yang berjalan sempurna maka pengawasan diperlukan.

perencanaan mempunyai hubungan khusus dengan pengawasan:
>>perencanaan megidentifikasikan kesepakatan tindakan yang akan dicapai di masa depan -> pengawasan dilaksanakan utuk membantu terlaksananya kesepakatan tersebut.
-kegagalan pengawasan,berarti kegagalan perencanaan,demikian sebaliknya.
-kalau pengawasan menyimpulkan bahwa perencanaan tidak dapat dilaksanakan maka rencana harus dibuat ulang.

prinsip pengawasan
>>pengawasan yang berhasil guna membantu mengatur has yang direncanakan supaya hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang direncanakan.


cara2 pengawasan:
1.mengukur hasil/prestasi yang dicapai
2.membandingkan hasil yang dicapai dengan hasil yang diinginkan dan mencari penyimpangan (kalau ada)
3.memperbaiki penyimpanga tersebut.

A.mengukur hasil mengukur menentukan dengan tepat jumlah dan kapasitas keseluruhan


pengukuran dibedakan 2 kelompok:
1.kelompok yang berkaitan dengan pencapaian seluruh program -> menyangkut kemajuan menyeluruh dan ditangani pihak pimpinan.pengukuranya secara obyektif dengan meggunakan keuntungan dan biaya
2.kelompok yang berkaitan dengan keluaran per-unit yang dikerjakan.
->bersifat lebih mendetail,sehingga bisa m3enggunakan ukuran yang lebih tepat.karena lebih mudah mengukurnya

pengukuran juga dibedakan antara pengukuran nyata dan tidak nyata

nyata,hasilnya:
-unit yang dihasilkan
-kartu
-distribusi sampel

tidak nyata hasilnya
-kemajuan eksekutif
-membentuk semangat kerja

mendapatkan data hasil saat kini

a.pengamatan langsung

kebaikan :
-memberi gambaran langsung dilapangan
-membantu dalam mengecek dan melporkan hal2 yang bersifat tidak nyata

kelemahan :
-tidak dapat memberikan nilai kuantitas secara akurat
-informasinya umum dan luas
-memakan waktu dan mengganggu pekerjaan eksekutif lainya
-menimbulkan ketidaksenagan karyawan


b.laporan lisan
-dilakukan dengan wawancara/pertemuan kelompok untu mengadakan diskusi informal
-disertai dengan cara pengamatan langsung dan menghadapkan langganan.untuk mengecek/memperjelas laporan tersebut
-cara ini lebih lengkap DPRD

c.laporan tertulis
-dilakukan pada perusahaan besar
-diperoleh data lengkap dan dipakai metode statistik
-datanya dapat disimpan dan untuk perbandingan masa yang akan datang
-biasanya dilengkapi dengan laporan lesan dan pengamatan langsung


B.membendingkan hasil dengan standar

>>>kalau ada haisl yang berbeda antara yang dicapai debgan standar harus diputuskan pemecahan mana yan akan dilakukan.
-manajer cukup memperhatikan pada hal2 yang bersifat berbeda saja (exception principle)
-> untuk menghemat waktu
-dengan menggunakan pembadig kunci (key point) -> beraneka ragam kegiatan lain dalam perusahaan tidak perlu diperhatikan.


meperbaiki penyimpangan dengan tindakan perbaikan
-merupakan langkah terakhir dalam proses pengawasan
-tujuan utama adalah muntuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan hasil yang diinginkan


pengawasan awal
>>cara untukmelakukan pengawasan awal adalah c yang menggunakan statistik,dalam pengawasan mutu

faktor2 yang dipakai dalam pengawasan mutu secara statistik adalah:
1.faktor kualitas
2.faktor kuantitas
3.waktu
4.biaya

hasil2 manajemen:
>>dalam "result manajemen" karyawan terlibat dalam menentukan tujuan pribadinyadan menentukan bagaimana orang bisa mencapai tujuan2.melalui kerjanya masing2,sehingga tercipta saling sepakat atas tujuan tersebut.
-menimbulkan motivasi kuat pada karyawan untuk bekerja sebaik-baiknya.


pengawasan dan faktor manusia
>>pengawasan terbaik merupakan kegiatan positif yang diharapkan karyawan ->bisa dicapai dengan result management.
-memberikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik dan menymbang kemajuan perusahaan
-bisa efektif,klo karyawan diberithu tentang apa yang akan dicapai dan alasan mengapa dilakukan kegiatan.
-sikap yang terbaik adalah sikap yang berlandaska pada pandangan bahwa semua kegiatan dilakukan bersama2

pengawasan menyeluruh dan audit
>>pengawasan yang menyeluruh akan memberikan standar yang efektif untuk mengukur/menilai hasil yang diperoleh.yang erat hubunganya adlah manajemen ausit (pemeriksaaan manajemen)


pengawasan prestasi secara menyeluruh
-dapat terpeliharanya pandangan yang luas tentang manajemen
-dapat melihat saling hubungan berbagai kegiatan
-menjaga keseimbangan yang diinginkan antaratujuan dan usaha yang dilakukan.

0 komentar: